x

WSBK Mandalika Cetak Banyak Rekor, Sirkuit Mandalika Diklaim Siap Gelar Ajang Kelas Dunia Lainnya

Selasa, 15 November 2022 12:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Sirkuit Mandalika diklaim siap menggelar ajang motorsport kelas dunia lainnya usai sukses menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2022 kemarin. (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

INDOSPORT.COM Sirkuit Mandalika diklaim siap menggelar ajang motorsport kelas dunia lainnya usai sukses menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2022 kemarin.

Belum lama ini Sirkuit Mandalika sukses menggelar balapan WSBK 2022 untuk kedua kalinya pada 11-13 November 2022 kemarin, serta pelaksanaannya bisa dibilang sukses tanpa adanya gangguan yang berarti, dan sejumlah rekor pun tercipta.

Yakni bisa melahirkan tiga juara dunia dalam dua musim balapan yakin dua kali juara dunia WSBK lewat Toprak Razgatlioglu pada 2021 dan Alvaro Bautista pada 2022, dan di kelas WSSP lewat Dominique Aegerter pada 2022.

Tidak hanya itu, rekor juga terjadi pada Idemitsu Asian Talent Cup (IATC). Pebalap muda Indonesia Veda Ega Pratama sukses menyapu bersih dua balapan yang cukup menegangkan itu. Secara umum pebalap tuan rumah ini finis ketiga klasemen akhir.

Pada WSBK Mandalika 2022 juga pula rekor jumlah penonton yang mencapai 51.629 orang dalam tiga hari balapan. Begitu juga dengan pengenalan budaya dan wisata yang digalakkan selama kejuaraan bergengsi ini berlangsung.

Baca Juga

Hal ini pun membuat Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) lewat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklaim Indonesia siap menggelar acara kelas dunia lainnya.

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan bahwa suksesnya WSBK Mandalika juga menjadi bukti bahwa segala potensi yang dimilki Indonesia mampu bersaing di kelas dunia.

Baca Juga

"Bukan hanya sebagai tuan rumah, tapi Indonesia juga memiliki begitu banyak potensi untuk bersaing di tingkat dunia, seperti yang ditunjukkan oleh pebalap muda Veda Ega Pratama," kata Troy, dilansir dari Antara.

"Ini merupakan tujuan kita bahwa selain menggelar balapan, kita juga berkomitmen untuk mempromosikan NTB dan Indonesia ke khalayak dunia,” kata Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA menambahkan.

“Sehingga keuntungan yang diperoleh tidak hanya dinikmati saat balapan berlangsung tapi juga akan berlangsung dalam jangka panjang dalam bentuk peningkatan kunjungan ke NTB dan Mandalika,” lanjutnya soal suksesnya WSBK Mandalika 2022.

Baca Juga

1. Erick Thohir Ikut Buka Suara

Erick Thohir Menteri BUMN

Di sisi lain, Erick Thohir selaku Menteri BUMN juga ikut buka suara, dan menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan WSBK Mandalika 2022.

Rekor jumlah penonton yang tercipta merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia.

"Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika,” kata Erick Thohir.

“Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK,” tambahnya.

“Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," jelasnya lagi.

Baca Juga

Tak hanya itu, Erick Thohir juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak, termasuk BUMN yang turut terlibat.

Selain itu, para pebalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK,WSPP, dan IATC dapat menjadi duta Indonesia dimata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia.

Baca Juga

Maka tak heran jika WSBK Mandalika 2022 kemarin mendapatkan banyak pujian termasuk dari para pembalapnya.

Sekadar informasi, Alvaro Bautista baru saja menyegel gelar juara dunia di WSBK Mandalika 2022 akhir pekan kemarin.

Meski hanya menjadi runner up di belakang Toprak Razgatlioglu pada Race 2 WSBK Mandalika 2022, namun unggul lewat jumlah poin dan sudah mencapai 553 poin di puncak klasemen.

Baca Juga

Sumber: Antara

MotoGPErick ThohirSirkuit MandalikaWorld Superbike (WSBK)WSBK Mandalika

Berita Terkini