Atlet Asing Dukung Silat ke Olimpiade

Selasa, 6 Desember 2016 08:33 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Atlet pencak silat putra asal Estonia, Manuk Ivanjan ikut mendukung upaya Indonesia untuk membawa pencak silat ke ajang olimpiade. Ivanjan pun berkomitmen untuk terus mempromosikan pencak silat.

"Menuju Olimpiade itu adalah tujuan yang bagus. Kami akan lebih mempromosikan pencak silat di negara kami," kata Ivanjan.

Pada Februari 2017 mendatang, kata Ivanjan, ia akan menampilkannya dalam Kejuaraan Bela Diri Terbuka di Estonia. Saat ini, Ivanjan dan sejumlah pesilat lain dari berbagai negara tengah mengikuti Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di GOR Lila Bhuana Denpasar, Bali.

Ia menjelaskan, pencak silat baru masuk di Estonia pada September 2016 setelah Federasi Pencak Silat Rusia mengunjungi negara mereka. Estonia kemudian membentuk Federasi pada Oktober 2016. 

Saat ini, Estonia memiliki dua perguruan pencak silat di kota Tallinn dan Keila. "Jumlah atlet kami sekitar 15-20 orang. Ini adalah kejuaraan pertama kami," kata Ivanjan yang turun pada nomor pertandingan putra kelas 85-90 kilogram.

Sejauh ini, lanjut dia, pencak silat mendapat sambutan positif dari orang-orang yang menyaksikannya. "Semula, orang-orang yang menonton hanya tersenyum. Kami lalu memperagakan pertandingan pencak silat dan mereka sebut pencak silat lebih bagus dibanding taekwondo," kata Ivanjan.