Oase

Anak Yatim Akan Dapat Bansos Khusus untuk Semua Umur

Sabtu, 14 Agustus 2021 14:23 WIB
Editor: Juni Adi
© Twitter/@SapawargaSby
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengimbau Bonek tidak datang ke Malang pada final kedua Piala Presiden 2019, Jumat (12/04/19), di Stadion Kanjuruhan. Copyright: © Twitter/@SapawargaSby
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengimbau Bonek tidak datang ke Malang pada final kedua Piala Presiden 2019, Jumat (12/04/19), di Stadion Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Menteri Sosial pastikan bansos anak yatim akan didapat untuk semua umur.

Menteri Sosial Tri Rismaharini berjanji akan mengucurkan bantuan sosial (bansos) khusus anak yatim di Indonesia. Baik yatim akibat ditinggal orang tuanya karena Covid-19 maupun tidak.

Politikus dari partai PDIP Perjuangan itu juga memastikan bansos akan diterima untuk semua umur dari balita higga anak SMA. Sementara untuk nilainya, akan berbeda-beda.

Tri Rismaharini juga berharap subsidi untuk anak yatim ini bisa disalurkan segera mulai tahun depan. Saat ini pihaknya tengah menggodok dan terus mematangkan rencana ini.

"Karena tidak sama semua, yang bayi, SMP, SMA, tentu biayanya beda-beda. Sedang kita siapkan mekanisme, sistem, dan nominalnya. Insya Allah sudah diskusi dengan Bu Sri Mulyani, tahun 2022 sudah bisa cair," ujarnya di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Serang, Banten.

Total ada sekitar 4 juta anak yatim di Tanah Air yang terdampak akibat pandemi Covid-19, menurut data terbaru Kemensos. Jumlah tersebut belum termasuk anak yatim yang ditinggal orang tuanya akibat terkena Covid-19.

Sedangkan, untuk jenis program, model, serta anggaran belum bisa disampaikan saat ini karena harus dipelajari dan ada persetujuan anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Intinya semua masih dalam proses, karena tidak bisa disamakan penanganannya, misalnya bagi anak yatim tapi masih bayi, anak berusia SD, SMP maupun SMA. Tentu mekanisme dan besaran bantuan akan disampaikan nanti setelah ada keputusan dari pemerintah, ” katanya. 

Terkait penanganan terhadap anak-anak yatim, kata Risma, pihaknya saat ini tengah dibuatkan konsep yang melibatkan berbagai pihak terkait dan berbagai disiplin ilmu.