Oase

Ada Kerajaan Angling Dharma dengan Raja Beristri 4 di Banten, Apa Ini?

Jumat, 24 September 2021 21:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut lima hal menarik tentang Kerajaan Angling Dharma di Banten yang belakangan membuat heboh masyarakat.

Fenomena kemunculan berbagai macam kerajaan maupun keraton ala-ala memang sudah bukan hal baru lagi di Indonesia. Lalu, apa sebenarnya Kerajaan Angling Dharma itu? Simak lima hal berikut ini.

Berlokasi di Pandeglang, Banten

Kemunculan kerajaan baru ini telah beredar di sejumlah media sosial. Saat ini, Kerajaan Angling Dharma berlokasi di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang.

Pemimpinnya adalah Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus, yang dipanggil dengan sebutan Baginda oleh warga sekitarnya. Bahkan, mereka juga percaya sang Raja ada keturunan dengan Kesultanan di Banten.

Berdiri Sejak 2004

Menurut juru bicara sang baginda raja, Ki Jamil Badranaya, kerajaan ini telah berdiri sejak tahun 2004. Diawali dari selesainya Jamaludin melakukan pertapa di sebuah gunung demi mendapatkan ilmu baru.

Setelah itu, Jamaludin dipercaya mendapatkan kekuatan yang begitu besar hingga dirinya diangkat menjadi raja oleh makhluk gaib.

Bahkan, pengangkatan ini menurutnya adalah kehendak dari Sang Pencipta. Sejak itulah warga sekitar selalu percaya pada ucapan Jamaludin.

Buat Rumah untuk Warga

Salah satu alasan kenapa Jamaludin memiliki banyak pengikut adalah karena ia dikenal sebagai sosok yang dermawan dan berjiwa sosial tinggi.

Sifatnya tersebut terlihat dari tersedianya 30 rumah layak huni untuk para warganya yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

Aksinya tersebut telah dilakukan sejak tahun 2019 silam. Yang membuat unik adalah setiap rumah yang telah dibangun memiliki tulisan Angling Dharma.  

Bangun Rumah dengan Dana Pribadi

Sang juru bicara, Jamil, juga menyatakan bahwa banyaknya rumah yang dibangun untuk warga tersebut semata-mata hanya untuk menyejahterakan rakyatnya.

Bahkan, pembangunan seluruh rumah tersebut sebagian besar biayanya dari dana pribadi, sedangkan sisanya didapat dari sumbangan sejumlah santri yang menjadi murid di pesantren milik Jamaludin.

Punya Empat Istri

Menurut berbagai kabar yang beredar, Jamaludin juga disebut memiliki empat istri. Kabar ini pun menjadi viral setelah sebuah foto yang memperlihatkan sosok sang Baginda dan empat istrinya tersebar.

Salah satu istrinya dikenal memiliki kemampuan musik  dan telah menciptakan lagu dengan tema Presiden Joko Widodo. Selain itu, raja Kerajaan Angling Dharma pun dikenal memiliki gudang uang di salah satu sudut kerajaannya.

Namun kabarnya, Kerajaan Angling Dharma telah menutup diri padahal sebelumnya kerap menerima banyak tamu. 

Baca berita asli di Akurat.co