Oase

Pernah Jadi Jubir Presiden, Ini Profil Gus Yahya Ketua PBNU Terpilih

Jumat, 24 Desember 2021 15:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© nu.or
Ketua Umum PBNU 2021-2026, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). Copyright: © nu.or
Ketua Umum PBNU 2021-2026, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

INDOSPORT.COM - KH Yahya Cholil Staquf ditetapkan sebagai ketua PBNU terpilih untuk 2021-2026, di Sidang Pleno V Muktamar ke-34, di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Lampung, Jumat (24/12/21).

Berdasarkan hasil voting, KH Yahya Cholil Staquf mendapatkan suara paling banyak (327) dari total 548 suara yang masuk.

Dalam menentukan siapa ketua PBNU terpilih untuk periode 2021-2026, KH Yahya Cholil Staquf mengungguli calon inkumben, Said Aqil Siradj, yang mengantongi 210 suara. Sementara itu, ada satu kertas suara yang dinyatakan tidak sah.

Ketua Komite Pengarah (SC) Muktamar ke-34 NU, Muhammad Nuh, mengucapkan selamat atas terpilihnya sosok yang juga akrab dipanggil Gus Yahya tersebut. Doa dan harapan terbaik pun terucap dari mulutnya.

“Kepada Gus Yahya, selamat. Mudah-mudahan di tangan beliau masa depan NU itu, ayo sama-sama gandeng tangan, agar NU lebih baik lagi," demikian kata Muhammad Nuh setelah menyelesaikan proses penghitungan suara.

Lantas, siapa sosok KH Yahya Cholil Staquf? Bagi yang masih cukup awam dengan namanya, simak profil singkatnya berikut ini, yang dirangkum dari beberapa sumber.

Dikenal dengan sapaan akrab Gus Yahya, ketua PBNU terpilih 2021-2026 ini lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 16 Februari 1966. Ia merupakan putra KH Cholil Bisri, yang notabene kakak KH Ahmad Mustofa Bisri.

Selain itu, sosok yang lahir dan tumbuh besar di lingkungan santri ini adalah kakak Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qaumas.

Berdasarkan informasi di situs nu.or.id, Gus Yahya mengenyam pendidikan pertama kali di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, di Rembang, yang didirikan oleh sang kakek, KH Bisri Mustofa.

Setelah itu, ia lanjut menuntut ilmu di Pondok Pesantren Krapyak di bawah asuhan KH Ali Ma'shum dan pernah kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM).