Australia Terbuka 2015

5 Petenis Ini Siap Kejutkan Australia Terbuka

Jumat, 26 Desember 2014 06:33 WIB
Editor: Joko Sedayu
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
(ka-ki) Milos Raonic, Eugenie Bouchard, Kei Nishikori, Simona Halep, dan Grigor Dimitrov Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/GETTY IMAGES
(ka-ki) Milos Raonic, Eugenie Bouchard, Kei Nishikori, Simona Halep, dan Grigor Dimitrov

Pada musim 2014, empat besar petenis putra, Rafael Nadal, Novak Djokovic, Roger Federer, dan Andy Murray mendapat kejutan dari para petenis yang selama ini hanya menjadi kuda hitam. Sepanjang 2014, para petenis kuda hitam ternyata mampu berlari lebih jauh dari perkiraan sebelumnya.

Pada Australia Terbuka 2014, Stanislas Wawrinka, untuk pertama kalinya menjuarai grand slam setelah mengalahkan Rafael Nadal 6–3, 6–2, 3–6, 6–3. Begitu pula pada Amerika Serikat Terbuka 2014, yang melahirkan juara baru setelah Marin Cilic mengalahkan petenis kuda hitam lainnya Kei Nishikori 6-3, 6-3, 6-3.

Sedangkan di sektor putri, kejuaraan grand slam masih dikuasai petenis papan atas. Li Na, walaupun baru pertama menjuarai Australia Terbuka, namun itu bukan grand slam pertamanya karena dia menjuarai Wimbledon 2014. Begitu pula dengan Petra Kvitova yang menjuarai Wimbledon kedua kalinya.

Sementara dua ratu tenis dunia, Serena Williams dan Maria Sharapova, berbagi satu gelar grand slam. Serena menjuarai Amerika Serikat Terbuka 2014, sedangkan Sharapova menjuarai Wimbledon 2014.

Namun kejutan tetap tercipta. Dominika Cibulkova secara mengejutkan mampu menembus final grand slam untuk pertama kalinya. Sedangkan Eugenie Bouchard menembus final Wimbledon, dan Simona Halep sukses lolos ke final Prancis Terbuka. Lalu ada juga petenis non unggulan asal China, Peng Shuai, yang menembus babak semifinal AS Terbuka.

Kini siapa yang akan membuat kejutan pada 2015. Pertama-tama, mari kita mulai grand slam awal tahun di Melbourne, Australia.