Korea Open Super Series 2017

Empat Wakil Indonesia Sukses Tembus Final Korea Open 2017

Sabtu, 16 September 2017 15:31 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Jonatan Christie selebrasi usai menciptakan all Indonesian final. Copyright: © Humas PBSI
Jonatan Christie selebrasi usai menciptakan all Indonesian final.

Hasil apik diraih oleh seluruh wakil Tanah Air di semifinal Korea Open 2017 yang berlangsung di SK Handball Stadium, Seoul, Sabtu (16/09/17). Dari sektor tunggal putra, dua pemain muda Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting menciptakan all Indonesian final usai meraih tiket final Super Series perdana untuk keduanya.

Jonatan sukses revans atas pemain Taiwan, Wang Tzu Wei dalam laga dua set langsung, 21-13 dan 21-17. Sementara Anthony menyingkirkan pemain tuan rumah unggulan pertama, Son Wan-ho melalui pertarungan rubber set, 16-21, 21-18, dan 21-13. 

© Humas PBSI
Anthony Sinisuka Ginting memastikan tiket final Korea Open 2017. Copyright: Humas PBSIAnthony Sinisuka Ginting memastikan tiket final Korea Open 2017.

Sebelumnya, Praveen Jordan/Debby Susanto juga memastikan satu tempat di final ganda campuran. Praveen/Debby dua set langsung atas pasangan Jerman, Marvin Emil Seidel/Linda Efler. Pasangan Indonesia sudah ditunggu ganda China, Wang Yilyu/Huang Dongping di babak pamungkas besok, Minggu (17/09/17).

Keperkasaan wakil Indonesia pun digenapi dengan kemenangan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon. Meski harus bermain tiga set, Kevin/Marcus mampu memulangkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan skor akhir 21-18, 17-21, dan 21-16 dalam 51 menit.

“Hari ini cukup dipengaruhi angin. Agak susah. Anginnya kecepetan rasanya. Game pertama mereka menang angin, jadi banyak out. Pas mukul-mukul sedikit jadinya out-out terus. Mereka juga bingung kayanya,” kata Marcus, dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Di set penentu, Kevin/Marcus pun mengambil inisiatif untuk menyerang lawan lebih dulu. Kekalahannya di set kedua, membuat mereka banyak belajar dan mengatur ulang strategi di set ketiga.

Game ketiga kami lebih fokus, belajar dari game kedua kami kan kesusahan waktu kami menang angin. Jadi kami banyak menyerang dulu, banyak ngeduluin lawan. Kalau lawan mainnya tetap sama. Mereka tipe mainnya cepat dan punya drive yang bagus,” ujar Kevin.

Di babak final, Kevin/Marcus akan menghadapi pasangan Denmark unggulan pertama, Mathias Boe/Carsten Mogensen. Dari empat pertemuan sebelumnya, pasangan Indonesia baru mampu menang satu kali. Pertemuan terakhir mereka di Piala Sudirman 2017 lalu dimenangkan oleh Boe/Mogensen dengan skor 16-21, 24-22, dan 23-21.

Berikut hasil lengkap pemain Indonesia di babak semifinal Korea Open 2017:

© Humas PBSI
Hasil lengkap semifinal Korea Open 2017. Copyright: Humas PBSI
2