Hongkong Open Super Series 2017

Raih Gelar Hongkong Open, Kevin/Marcus Samai Rekor Dunia Ganda Korea

Minggu, 26 November 2017 15:56 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kevin/Marcus mengunci gelar Super Series keenam di tahun 2017 saat menundukkan duo Denmark, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding dalam dua set saja di partai pamungkas Hongkong Open 2017. Berlaga di Hongkong Coliseum, Minggu (26/11/17), Kevin/Marcus menang dengan skor 21-12 dan 21-18 dalam tempo 37 menit.

Ini tercatat sebagai final kedelapan dan gelar keenam Super Series untuk Kevin/Marcus. Pasangan yang dijuluki The Minions itu pun menyamai rekor dunia milik Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong yang ditorehkan pada 2015 silam, yakni mendapat enam gelar selama satu tahun.

Lee/Yoo membukukan gelar di ajang Australia Open, Jepang Open, Korea Open, Denmark Open, French Open, dan Hongkong Open. Sementara Kevin/Marcus memborong gelar di All England, India, Malaysia, Jepang, China, dan Hongkong Open 2017.

© Internet
Lee Yong Dae dan Yoo Yeon Copyright: InternetLee Yong-dae dan Yoo Yeon-seong.

Hebatnya lagi, Kevin/Marcus masih punya satu kesempatan untuk melampaui rekor tersebut karena mereka masih akan berlaga di BWF Dubai Super Series Finals pada awal Desember nanti.

Kevin/Marcus sendiri sudah mengamankan tiket menuju Final Super Series di Dubai setelah pencapaian gemilang di tahun ini. Dengan total mengumpulkan 77,630 poin hingga tanggal 23 November lalu, Kevin/Marcus berada di puncak klasemen ranking turnamen dan tak terkejar oleh ganda putra lainnya.

Sementara untuk rekor ganda putra Indonesia sendiri, rekor milik Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pun pecah. Hendra/Ahsan sukses merengkuh lima gelar Super Series pada 2013 silam. Pasangan yang sudah berpisah ini tercatat menang di Malaysia Open, Indonesia Open, Singapore Open, Japan Open, dan bahkan Super Series Masters Finals di Malaysia.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kampiun di China Open 2017.