Hongkong Open Super Series 2017

Pesan Eng Hian untuk Greysia/Apriani di Final Hongkong Open 2017

Minggu, 26 November 2017 09:14 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Greysia Polii/Apriani Rahayu di semifinal Hongkong Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Greysia Polii/Apriani Rahayu di semifinal Hongkong Open 2017.

Greysia/Apriani sukses merebut tiket final Hongkong Open 2017 dari tangan pasangan China, Huang Dongping/Li Wenmei. Wakil Indonesia harus melewati drama tiga set, 11-21, 23-21, 21-15 untuk memetik kemenangan di semifinal, Sabtu (25/11/17). 

“Dari penampilan tadi, mereka bisa mengembalikan kondisi dari blackout, mereka bisa kembali ke performa mereka. Kuncinya di game kedua tadi. Kalau secara teknis, tidak semestinya kita kalah. Tapi dari Greysia/Apriani untuk mencoba merubah tempo dan strategi, saya kira cukup efektif. Dan di game ketiga mereka sudah kembali ke tempo mereka,” kata Eng Hian, dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Perjalanan Greysia/Apriyani di Hong Kong Open kali ini bisa dikatakan tak mudah mereka lewati. Beberapa kali mereka harus berjuang untuk keluar dari lubang jarum, mengejar ketertinggalan, hingga membalikkan keadaan untuk menang. Greysia/Apriani kerap terlibat laga tiga set, demi melanjutkan perjalanan ke babak berikutnya.

“Yang pasti kapasitas mereka dan saling percaya mereka untuk bisa memberikan sesuatu kepada partnernya. Jadi buangan bola terus posisi berdiri, segala macam itu, jadi lebih yakin untuk mengantisipasi lawan,” ujar Eng Hian.

“Bagusnya Greysia bisa membawa dan mengatasi situasi seperti ini. Dia tahu kalau dia panik, partnernya akan lebih panik. Jadi dia harus bisa menenangkan diri sendiri,” imbuh peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 tersebut.

© Humas PBSI
Greysia Polii/Apriani Rahayu di semifinal Hongkong Open 2017. Copyright: Humas PBSIGreysia Polii/Apriani Rahayu di semifinal Hongkong Open 2017.

Di babak final, Greysia/Apriani kembali akan berhadapan dengan pemain China. Kali ini ialah unggulan satu turnamen, Chen Qingchen/Jia Yifan. Pertemuan ini merupakan yang kedua kalinya bagi Greysia/Apriani dan Chen/Jia. Sebelumnya di French Open 2017 lalu, Greysia/Apriyani menang 21-5 dan 21-10 dari Chen/Jia.

“Kalau berbicara di sektor ganda putri, saat ini semua merata, tidak ada yang dominan. Jadi saya lebih melihat, siapa yang siap di lapangan secara mental dan teknis. Untuk besok (Minggu 26/11/17), saya mencoba mempersiapkan mereka untuk bisa main lebih rileks. Kalau masalah strategi tentu kami sudah ada evaluasi,” pungkas Eng Hian.