Kaleidoskop 2017: 12 Gelar Pebulutangkis Indonesia di Berbagai Kejuaraan

  • Berbagai momen menarik terjadi di kancah bulutangkis Tanah Air sepanjang 2017.
  • Sepanjang tahun 2017, para pebulutangkis Indonesia menghasilkan 12 gelar dari berbagai kejuaraan.
  • Prestasi yang diraih beberapa wakil Indonesia dinilai cukup membaganggakan selama tahun 2017 ini.
Sabtu, 30 Desember 2017 10:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kaleidoskop Bulutangkis 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Kaleidoskop Bulutangkis 2017.

Indonesia lewat Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI) mengawali tahun 2017 dengan keinginan untuk mengejar prestasi sebagus-bagusnya diajang kejuaraan yang bertitle Super Series. PBSI menyatakan hal tersebut telah masuk program yang dibuat.

Usai berhasil mengembalikan tradisi meraih medali emas olimpiade di tahun 2016, para pebulutangkis memang dituntut untuk meningkatkan raihan prestasi Indonesia dikancah internasional di tahun 2017. Namun tentunya tidak mudah, karena persaingan di dunia makin merata dan prestasi Indonesia yang hanya masih mengandalkan dua nomer, yakni sektor ganda putra dan campuran.

© Humas PBSI
Kevin/Marcus saat memegang medali emas BWF Super Series Finals 2017. Copyright: Humas PBSIKevin/Marcus saat memegang medali emas BWF Super Series Finals 2017.

Selama 2017, para wakil Indonesia menghasil sebanyak 12 gelar dari berbagai kejuaraan yang diikuti. Seperti perkiraan awal, Ganda putra lewat Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi penyumbang gelar terbanyak dengan 7 title. Disusul pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir 2 gelar, dan 2 gelar lainnya dipersembahkan lewat ganda putri melalui Greysia Polii/Apriani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting di Tunggal putra.

Untuk keseluruhan, prestasi pebulutangkis Indonesia cukup baikl selama tahun 2017 ini. Setidaknya ada wakil tanah air yang keluar sebagai juara di beberapa kejuaraan bergengsi super series seperti All England, China Open, Indonesia Open, hingga ditutup dengan penyampaian manis Kevin/Marcus di BWF Dubai Super Series Final, disamping penghargaan individu sebagai Pebulutangkis Putra Terbaik 2017. 

Gelar juara dunia 2017 yang diraih pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga bisa dinilai pencapaian terbaik wakil Indonesia. Diusia yang tidak muda lagi, peraih emas olimpiade 2016 tersebut berhasil menjadi jawara di kejuaraan yang digelar di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Agustus lalu.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memamerkan medali juara Indonesia Open 2017. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comTontowi Ahmad/Liliyana Natsir memamerkan medali juara Indonesia Open 2017.

Tak ketinggalan ada hasil membanggakan dari para pebulutangkis muda Indonesia yang berhasil membawa Indonesia sebagai juara umum BWF World Junior Championships 2017 yang diselenggarakan di Yogyakarta.

Berikut INDOSPORT merangkum catatan terbaik para pebulutangkis Indonesia, dan mengajak para pembaca setia untuk kembali mengingat berbagai momen menarik sepanjang tahun 2017.