Bukan Rexy Mainaky, Asosiasi Bulutangkis Malaysia Tunjuk Legenda Ini Jadi Direktur Teknik

Sabtu, 20 Oktober 2018 21:21 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky.

INDOSPORT.COM - Teka-teki mengenai siapa yang akan menjadi Direktur Teknik bulutangkis Malaysia telah terungkap. Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) menunjuk legendanya untuk menjabat posisi tersebut.

Seperti dilansir dari media berita sports, Berita Harian Malaysia, nama Wong Choong Hann terpilih menjadi Direktur Teknik BAM yang baru. Legenda bulutangkis Malaysia itu akan menjabat dan memulai tugasnya pada 1 Januari 2019 mendatang.

Choong Hann sendiri mendapat target dari BAM untuk bisa membawa pulang medali emas dari ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Penunjukan ini untuk melengkapi struktur pembinaan yang ada dengan kelima pelatih untuk melapor kepada Choong Hann, tetapi Choong Hann hanya bertanggung jawab atas struktur pembinaan skuat nasional,” ujar Norza seperti dikutip dari BHarian.com.

"Tentu saja, salah satu tugas utamanya adalah memenangkan emas di Tokyo 2020 tetapi untuk menempatkannya sebagai Key Performance Indicator (KPI), kita harus berbicara dengannya terlebih dahulu. Ini harus didasarkan pada situasi saat ini dan kemampuan pemain sekarang.”

Perlu diketahui, sebelum terpilihnya Choong Hann, BAM sempat mengutarakan beberapa nama kandidat untuk menjadi direktur tekniknya. Salah satunya adalah legenda bulutangkis Indonesia, Rexy Mainaky. Namun karena satu lain hal, BAM mempercayakan kepada Choong Hann.

"Selain Choong Hann, kami memiliki beberapa kandidat lain termasuk para pelatih luar negeri. Tetapi melihat situasi saat ini dan kendala keuangan, Choong Hann adalah pilihan terbaik.”

"Saya percaya Choong Hann dapat bekerja dengan baik dengan semua pelatih untuk mencapai tujuan Tokyo 2020," tambah Norza.

Dalam dunia bulutangkis Malaysia, Choong Hann bukanlah nama yang asing. Ia merupakan mantan pemain tunggal putra andalan Negeri Jiran. Dirinya pernah menempati peringkat satu dunia pada tahun 2002 lalu.

Selain itu Choong Hann juga peraih medali perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2003 dan sukses membawa  Malaysia mendapat perak di Piala Thomas 1998 dan 2002.

Terus Ikuti Update Seputar Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM