Kalah dari Kroasia, Tim Tennis Prancis Kecam Format Baru Piala Davis

Selasa, 27 November 2018 00:20 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Tim tenis Prancis di Davis Cup 2018. Copyright: © INDOSPORT
Tim tenis Prancis di Davis Cup 2018.

INDOSPORT.COM – Tim Prancis gagal mempertahankan gelar Davis Cup usai kalah 1-3 saat melawan Kroasia saat bertanding di Stadion Pierre de Mauroy, Lillle pada Minggu (25/11/18).

Namun paska pertandingan final tersebut, para petenis Prancis secara tegas mengecam ketidaksetujuan mereka mengenai aturan Davis Cup yang baru. Mereka juga mengungkapkan akan memboikot kompetisi tersebut dimulai dari sekarang.

“Saya sangat menyesal dengan keputusan ITF,” ungkap Pierre-Hugues Herbert yang merupakan spesialis ganda, dilansir dari laman abc.net.

Tak hanya itu, Lucas Pouille yang dikalahkan langsung oleh Marin Cilic juga mengatakan dengan tegas bahwa ia tidak akan bermain di Davis Cup lagi.

“Saya tidak akan mengubah pikiran mengenai format baru tersebut. Sejauh ini, saya tidak akan bermain di Piala Davis lagi. Laga ini adalah pertandingan yang terakhir kalinya,” ungkap Pouille.

Penentangan terhadap format baru ini juga didukung oleh para mantan pemain dan komentator. Mereka menyatakan kekecewaannya atas apa yang mereka liihat dan anggap sebagai awal matinya kompetisi.

Pada peraturan barunya, Federasi tennis Internasional (ITF) menginginkan format pertandingan yang lebih singkat.

ITF juga mengungkapkan bahwa format baru yang dibuatnya ini akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak, hal ini digadang-gadang akan menjadi modal bagi ITF untuk membangun pengembangan kompetisi tenis di dunia.