Legenda Tenis Dunia: Butuh Waktu Lama untuk Cari Pengganti Roger Federer

Jumat, 21 Desember 2018 02:00 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Sport Mirror
Roger Federer yang terlihat lesu usai dikalahkan Kei Nishikori di ATP Finals Copyright: © Sport Mirror
Roger Federer yang terlihat lesu usai dikalahkan Kei Nishikori di ATP Finals

INDOSPORT.COM - Siapapun setuju Roger Federer adalah salah satu petenis dengan pencapaian karier dan kepribadian yang nyaris sempurna. 20 gelar Grand Slam dan sikap rendah hatinya adalah bukti nyata.

Usianya memang sudah 37 tahun dan akan 38 tahun pada 2019. Namun, cukup banyak yang optimis petenis tampan asal Swiss ini bisa meraih gelar Grand Slam untuk yang ke-21 kalinya.

Bagi legenda tenis Nicola Pietrangeli, butuh waktu lama bagi dunia tenis untuk menyaksikan siapa yang memiliki kualitas seperti King Fed. 

"Banyak petenis pria yang bermain bagus, namun untuk jadi penerus Federer..." ujar pria sepuh asal Italia ini sebagaimana dilansir tennisworldusa.

Saat ditanya siapa pemain terbaik antara Rod Laver dan Federer, juara Prancis Terbuka tahun 1959 dan 1960 menolak berkomentar dengan mengatakan jangan bandingkan antara keduanya.

Pietrangeli juga punya pesan bagi para atlet muda agar jangan terbuai dengan ketenaran dan kemewahan serta uang. Lalu apa yang penting? "Terus komitmen berlatih dan serius."

Bakat memang penting tetapi ternyata tidak cukup. Butuh sikap mental yang baik. Pietrangeli mencontohkan petenis Roberta Vinci dan Flavia Panetta, yang selama sepuluh tahun memberikan kebanggaan di dunia tenis Italia, negeri yang lebih dikenal sebagai negeri sepak bola.

Ikuti Terus Berita Tenis dan Olahraga Lainnya hanya di INDOSPORT