Federer Raih Gelar Juara ke-101 di Miami Open 2019

Senin, 1 April 2019 13:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Selebrasi Roger Federer. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Roger Federer.

INDOSPORT.COM – Roger Federer berhasil meraih gelar juara ke-101 di Miami Open 2019 setelah mengalahkan petenis Amerika Serikat, John Isner, dengan skor 6-1, 6-4 pada Senin dini hari (01/04/19).

Federer menganggap spesial gelar Miami Open keempat sepanjang kariernya tersebut. Pasalnya, setelah tampil pertama kali di turnamen ini pada 1999, ia masih bisa menjuarainya dua puluh tahun kemudian.

Setelah tampil gemilang di semifinal dengan mengandaskan Denis Shapovalov, Federer mampu mempertahankan performanya di partai final. Federer sendiri mencetak total 17 pukulan tak terbalas dan enam di antaranya melalui backhand.

Sejak awal pertandingan, Federer langsung memberikan tekanan dengan bermain agresif dan berhasil mengantisipasi serve Isner. Federer menyelesaikan set pertama hanya dalam 24 menit.

Titel ini membuat petenis asal Swiss tersebut naik ke peringkat empat dunia pekan ini, menyalip Dominic Thiem yang turun ke peringkat lima. Kemenangan itu juga membuat Federer kini sepanjang kariernya telah memiliki 101 gelar juara sepanjang karier profesionalnya.

“Saya sangat senang bisa tampil dengan performa seperti ini di partai final. Ini adalah kemampuan terbaik saya,” ujar Federer dilansir dari situs ATPTour.com

Sementara itu, Isner sendiri tidak bermain dalam performa terbaiknya. Isner melayangkan 16 pukulan error. Hal tersebut diperburuk dengan cedera kaki kirinya yang mulai ia rasakan di pertengahan set pertama. Isner bahkan sempat mendapatkan perawatan medis saat tertinggal 3-4 di set kedua.

“Seharusnya saya bisa memberikan perlawanan lebih agar pertandingan menjadi lebih menarik. Walau begitu, Federer bermain jauh lebih bagus.” ujar Isner.

Kekalahan ini membuat Isner harus menyerahkan gelar petenis tertua yang memenangkan turnamen Miami Open. Gelar tersebut kini berpindah ke Federer yang kini tercatat berusia 37 tahun

Penulis: Fuad Noor Rahardyan.

Ikuti Update Tenis dan Berita Sport lainnya di INDOSPORT.COM