Sisi Spiritual Novak Djokovic yang Mungkin Tak Banyak Orang Tahu

Selasa, 9 April 2019 02:26 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Abdurrahman Ranala
© Twitter/Australia Open
Novak Djokovic punya rutinitas harian saat pagi hari yang layak dicontoh. Copyright: © Twitter/Australia Open
Novak Djokovic punya rutinitas harian saat pagi hari yang layak dicontoh.

INDOSPORT.COM - Dikenal sebagai atlet yang mengutamakan keselarasan rohani, Novak Djokovic mengungkap rutinitas yang selalu dilakukannya saat pagi hari sebelum beraktivitas. Meski sederhana, ia mengaku tidak pernah meninggalkannya.

Petenis asal Serbia tersebut mengatakan dirinya tidak pernah lupa berdoa dan mengucap syukur. Mungkin sepintas apa yang dilakukannya terlihat lazim dilakukan banyak orang, namun kedisiplinannya dalam melakukan rutinitas tersebut patut diacungi jempol.

"Saya berdoa setiap pagi, bersyukur untuk tubuh dan jiwa saya. Tidak lupa mensyukuri kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berevolusi sebagai makhluk hidup multidimensi di dunia ini," ucap Djokovic, seperti dikutip dari laman berita olahraga Tennis World USA.

Tidak perlu heran dengan istilah maupun bahasa 'tinggi' yang diucapkan Djokovic. Sebagai pribadi yang bahkan pernah punya guru spiritual, tentu juara AS Terbuka 2018 tersebut sudah jago betul merangkai kalimat dengan makna yang mungkin sulit dicerna sebagian orang.

Namun terlepas dari hal tersebut, Djokovic seakan memberi contoh yang baik bagi para penggemarnya untuk senantiasa mensyukuri hidup. Ia juga seorang pria penyayang keluarga.

"Saya bersyukur untuk keluarga saya, bersyukur masih punya indra, punya tempat tidur yang nyaman, dan bisa menikmati cahaya matahari yang indah setiap pagi. Lalu melanjutkan pekerjaan, bermain tenis, menunaikan kewajiban sebagai ayah dan suami," ucapnya lagi.

"Saya perlu melakukan ini setiap hari, bernapas selama dua menit dan berdoa. Mungkin hanya itu yang bisa dilakukan karena Anda tidak punya waktu, tapi saya rasa penting untuk rajin dan disiplin melakukannya," tambahnya.

Kedisiplinan Djokovic jelas punya andil dalam kesuksesannya menjadi salah satu petenis top dunia. Sejak berkarier profesional dari tahun 2003, ia telah memenangkan banyak gelar bergengsi, termasuk 15 kali Grand Slam.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%