Lee Chong Wei Terancam Tak Lolos Olimpiade Tokyo 2020, Mengapa?

Minggu, 14 April 2019 18:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© BHarian
Datuk Ng Chin Chai (kiri) saat merangkul Lee Chong Wei Copyright: © BHarian
Datuk Ng Chin Chai (kiri) saat merangkul Lee Chong Wei

INDOSPORT.COM – Mantan pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia asal Malaysia, Datuk Lee Chong Wei, terancam tak dapat mengikuti pergelaran Olimpiade Tokyo 2020 jika masih belum kembali bertanding sebelum 15 September 2019 mendatang.

Hal ini berdasarkan ketentuan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang hanya membatasi maksimal 6 bulan untuk melindungi peringkat pemain dan hanya berlaku selama satu tahun.

Lee Chong Wei terakhir kali mengikuti kompetisi di babak semifinal Indonesia Open 2018. Dia gagal mengawali kembali debutnya di All England dan Malaysia Open 2019 pekan lalu.

Peraih tiga medali perak Olimpiade itu juga diragukan untuk tampil di ajang Piala Sudirman di Nanning, China, pada 19-26 Mei nanti. Chong Wei diperkirakan akan keluar dari top-100 akhir bulan ini karena juga akan absen dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) di Wuhan, China, 23-28 April.

Kualifikasi Olimpiade akan dimulai pada ajang New Zealand Open 2019, yang dihelat pada 30 April - 5 Mei nanti. Badan bulutangkis dunia hanya akan mempertimbangkan 10 hasil turnamen terbaik (turnamen Tur Dunia BWF) selama periode kualifikasi satu tahun.

Selain itu, suatu negara hanya diperbolehkan mengirimkan maksimum dua pemain atau pasangan jika mereka berada dalam peringkat 16 besar (tunggal) atau delapan teratas (ganda).

Jadi, selain harus khawatir tentang poin peringkat dunia, Chong Wei juga harus menyalip beberapa pebulutangkis Malaysia lainnya yang saat ini berada di peringkat di atasnya.

Ikuti Terus Update Informasi seputar Olimpiade Tokyo 2020 Hanya di INDOSPORT.COM.