Indonesia Bawa Pulang 3 Gelar di Vietnam International Challenge

Senin, 15 April 2019 11:04 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi
© HUMAS PBSI
Firman Abdul Kholik, tunggal putra Indonesia. Copyright: © HUMAS PBSI
Firman Abdul Kholik, tunggal putra Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Indonesia kembali sukses menorehkan prestasi di salah satu turnamen International yaitu Vietnam International Challenge 2019. Tak tanggung-tanggung, tiga gelar sekaligus berhasil dibawa pulang wakil Merah Putih.

Vietnam International Challenge merupakan salah turnamen BWF yang digelar di Vietnam mulai Selasa (09/04/19) lalu sampai Minggu (14/04/19) kemarin, dengan hadiah sebesar 25 ribu USD (setara 351,67 juta rupiah). Tiga gelar yang berhasil diraih oleh wakil Indonesia berasal dari sektor tunggal putra, ganda putri, dan ganda putra.

Perang ‘saudara’ kembali terjadi di final Vietnam International Challenge, setelah dua wakil tunggal putra Indonesia, Firman Abdul Kholik (peringkat 51)  dan Chico Aura Dwi Wardoyo (peringkat 65) harus saling berhadapan untuk meraih podium pertama.

Namun perbedaan peringkat yang cukup jauh, membuat Firman Abdul Kholik berhasil menuntaskan perlawanan Chico Aura Dwi Wardoyo dengan mudah hanya dalam dua set dengan skor 21-16, 21-7.

Hal serupa juga dialami oleh wakil ganda putri Indonesia. Menghadapi Taiwan, Hsieh Pei Shan/Lin Xiao Min, pasangan Nita Violina Marwah/Putri Syaika kembali berhasil menuntaskan perlawanan sengit wakil Taiwan untuk mempersembahkan gelar kedua dengan skor 21-19 dan 21-16.

Sementara itu, duel sengit terjadi di sektor ganda putra yang mempertemukan Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro dengan wakil Korea, Kang Min Hyuk/Kim Jae Hwan.

Kenas/Rian dipaksa melewati rubber game oleh pasangan Korea untuk memastikan gelar ketiga bagi Merah Putih. Skor 21-19, 15-21, dan 21-18, pun berakhir untuk kemenangan pasangan Indonesia.

Sukses meraih gelar ketiganya setelah sebelumnya menjuarai dua turnamen BWF lainnya yakni Iran International Challenge dan Dutch Open 2019, pasangan Nita/Putri mengaku sangat senang atas prestasi yang berhasil mereka raih.

“Kami sangat senang bisa meraih gelar ketiga kami. Kami bermain dengan tenang dan sabar di sepanjang pertandingan. Jadi, kami senang bisa meraih gelar ini,” ujar Nita dikutip dari situs resmi PBSI.

Gelar Vietnam International Challenge 2019 juga sangat berarti bagi Firman, karena gelar ini dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

“Ini gelar yang sangat penting untuk saya mengejar ketertinggalan saya dari rekan-rekan yang lainnya. Saya sangat senang bisa menang melawan Chico karena kami sudah tahu kelemahan masing-masing. Namun syukurlah, saya bisa menang,” pungkas Firman kepada situs resmi PBSI.

Sedangkan untuk gelar di sektor tunggal putri berhasil disabet wakil Jepang yakni Hirai Mizui. Demikian pula di sektor ganda campuran yang juga berhasil disabet pasangan Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Bulutangkis Lainnya di INDOSPORT