Terlalu Vulgar, Legenda Bulutangkis Indonesia Kritik Pedas Jonatan Christie

Jumat, 26 April 2019 20:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi selebrasi Jonatan Christie usai menang dan memastikan raih medali emas Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Tunggal putra legendaris Indonesia, Rudy Hartono baru-baru ini memberikan kritik pedas pada pebulutangkis muda Tanah Air, salah satunya Jonatan Christie.

Meski tak akrab, Rudy mengatakan dirinya mengenal Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, dan mempunyai penilaian tersendiri terkait kepribadian jawara Asian Games 2018 itu.

Rudy menilai Jojo sosok yang terlalu ekspresif dalam menunjukan suasana hatinya, yang terkadang bisa saja berdampak negatif untuknya kelak.

"Sepintas saya kenal (Jonatan Christie). Anak ini kalau bagi saya, dari atas lapangan saja tidak bisa meredam (emosi) kalau dia dalam keadaan yang senang dan di mana tidak senang," katanya.

"Kalau orang senang saja kelihatannya seperti itu gayanya (buka baju saat Asian Games 2018), apalagi tidak senang. Ekspresinya kan kelihatan," lanjut pemilik delapan gelar All England itu.

Menurut Rudy, aksi buka baju Jojo pada Asian Games 2018 lalu terlalu 'vulgar' untuk orang yang masih menganut adat ketimuran atau Asia. Meski hal itu merupakan luapan kegembiraan, Rudy menegaskan seharusnya Jojo lebih bisa mengontrol diri.

"Itu orang Asia loh, kalau orang barat itu biasa buka baju. Saya memang dulu pernah buka baju di atas lapangan? Kan tidak," urainya.

"Itu ya memang bukan kelemahan, tapi itu tanda sikapnya dia. Ekpresif memang boleh, tapi dari situ kelihatan, dari hari ke hari saya tahu. Yang paling berbahaya bukan saat menang, tapi kalau dia dalam depresi, itu bahaya, orang seperti itu bisa eksplosif, itu ciri-cirinya, tidak semua seperti itu," lanjut Rudy.

Di sisi lain, nama Jonatan Christie belakangan menjadi sorotan masyarakat luas setelah beredarnya video tak senonoh yang sepintas terlihat seperti pebulutangkis 21 tahun itu. Hanya saja, hingga saat ini Jojo belum juga angkat bicara ataupun sekedar memberikan klarifikasi.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

3