Hasil Final Badminton Asia Championships: Kevin/Marcus Dibantai Jepang

Minggu, 28 April 2019 19:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

INDOSPORT.COM – Satu-satunya wakil Indonesia di final Badminton Asia Championships 2019, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kalah telak saat menghadapi pasangan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 18-21, 3-21, Minggu (28/04/19).

Meski secara statistik Kevin/Marcus unggul di unggulan pertama, dan Endo/Watanabe turun sebagai unggulan kelima, didukung pula dengan head to head dua pertemuan sebelumnya di mana Kevin/Marcus mampu menundukkan pasangan Jepang tersebut cukup dengan dua set saja.

Namun sejak game pertama, wakil Indonesia kesulitan mengantisipasi bola-bola cepat dari Endo/Watanabe hingga sempat tertinggal poin cukup jauh 1-6. Beruntung akurasi Kevin di depan net dapat menuai cukup banyak poin. Skor berbalik cepat menjadi 8-7 untuk keunggulan Kevin/Marcus.

Pemain yang dijuluki The Minions itu masih mampu menjaga keunggulan hingga turun minum di poin 11-10. Namun Watanabe tetap mengandalkan smash kilat, bahkan Watanabe sempat berputar 360 derajat sehingga mampu mengecoh Kevin dan skor menjadi imbang 14-14.

Mulai percaya diri, Watanabe kembali menekan dan membuat Marcus hilang fokus hingga kerap kali melakukan error. Sementara Kevin/Marcus masih berupaya menjaga pola permainan dengan rally panjang yang lagi-lagi membuat skor berimbang 18-18.

Sayangnya serangan terakhir Watanabe setelah melakukan challenge dianggap masuk oleh umpire dan game pertama ditutup dengan skor 18-21 untuk keunggulan wakil Jepang.

Memasuki game kedua, pola permainan The Minions menjadi berantakan karena faktor cedera yang menimpa Marcus, dan lantas membuat Kevin juga kurang percaya diri sehingga pengembalian shuttlecock terus-menerus membentur net. Skor tertinggal cukup telak 1-11.

Endo/Watanabe semakin percaya diri dan menekan Marcus yang lagi-lagi melakukan error, sementara Kevin sempat menyelamatkan poin ketika meminta challenge dan berbuah skor menjadi 3-19.

Sayangnya skor game kedua harus ditutup dengan kekalahan menyakitkan di angka 3-21. Kevin/Marcus gagal memboyong medali emas pertama mereka di ajang Badminton Asia Championships dan memperpanjang puasa gelar ganda putra sejak sepuluh tahun lalu.

Terakhir di nomor ganda putra, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang mampu naik ke podium tertinggi dan mempersembahkan emas untuk Indonesia pada tahun 2009 silam.

Berikut hasil lengkap final Badminton Asia Championships 2019:

Wang Yilyu/Huang Dongping (China) vs He Jiting/Du Yue (China) 21-11, 13-21, 23-21

Chen Qingchen/Jia Yifan (China) vs Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara (Jepang) 19-21, 21-14, 21-19

Akane Yamaguchi (Jepang) vs He Bingjiao (China) 21-19, 21-19

Kento Momota (Jepang) vs Shi Yuqi (China) 12-21, 21-18, 21-8

Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) vs Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia) 21-18, 21-3

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Badminton Asia Championships Hanya di INDOSPORT.COM.