Kalahkan Petenis Muda Yunani, Novak Djokovic Juarai Madrid Open 2019

Senin, 13 Mei 2019 13:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Novak Djokovic juarai ATP 1000 Madrid Open 2019. Copyright: © INDOSPORT
Novak Djokovic juarai ATP 1000 Madrid Open 2019.

INDOSPORT.COM – Novak Djokovic menjuarai turnamen ATP 1000 Mutua Madrid Open 2019 setelah di partai final mengalahkan petenis muda Yunani, Stefanos Tsitsipas, dengan skor 6-3, 6-4 pada Minggu (12/5/19).

Djokovic datang ke Madrid dengan catatan pertandingan yang tak memuaskan di tiga turnamen terakhir. Setelah menjuarai Australian Open 2019, ia hanya bisa satu kali menembus babak perempatfinal dalam tiga turnamen yang diikutinya.

Petenis unggulan pertama itu melakoni turnamen tersebut dengan cukup mudah. Setelah mengandaskan Taylor Harry Fritz (Amerika Serikat) dan Jeremy Chardy (Prancis) di dua babak awal, ia tak bertanding di babak perempatfinal setelah Marin Cilic (Kroasia) memutuskan walk-over.

Partai semifinal kemudian menjadi momentum krusial baginya. Djokovic merasa bahwa ia menemukan kembali permainan terbaiknya saat mengandaskan Dominic Thiem (Austria) dengan skor 7-6(2), 7-6(4).

“Kemenangan yang paling penting adalah ketika partai semifinal yang berlangsung ketat melawan Thiem. Selanjutnya, saya sedikit diuntungkan di final dengan Tsitsipas yang sedikit kelelahan.

Saya rasa, gelar juara ini akan sangat meningkatkan kepercayaan diri saya setelah gagal di beberapa turnamen sebelumnya,” ujar Djokovic dilansir dari situs berita olahraga ATP News.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ATP Tour (@atptour) on

Tsitsipas sendiri sebelumnya bermain dengan durasi lebih lama pada perempatfinal dan semifinal. Ia mengandaskan Alexander Zverev (Jerman) dan Rafael Nadal (Spanyol) secara berurutan dalam rubber set. Pada partai final, ia mengaku bahwa tidak bisa sama sekali menghentikan Djokovic.

“Djokovic bermain sangat pintar dan luar biasa. Saya tidak punya solusi untuk menghentikannya. Bermain melawan petenis top sekaliber Djokovic, termasuk Nadal dan Zverev pada laga sebelumnya, sangat membuat saya menderita,” ucap Tsitsipas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stefanos Tsitsipas (@stefanostsitsipas98) on

Dengan hasil ini, Djokovic telah menjuarai Madrid Open sebanyak tiga kali setelah ia pernah menjuarainya pada 2011 dan 2016. Ini juga kali ke-33 petenis Serbia tersebut menjuarai turnamen ATP 1000. Ia menyamai torehan Rafael Nadal, sang pemegang rekor terbanyak, yang terlebih dulu mencatatkan rekor tersebut.

Djokovic juga berhak mendapatkan hadiah uang 1,2 juta euro (setara 19,5 miliar rupiah) dan tambahan 1000 poin untuk peringkat ATP. Ia kini masih duduk di posisi puncak petenis putra dunia dengan total 12.115 poin.

Ikuti Update Seputar Tenis dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%