Profil Tim Piala Sudirman 2019: Jepang, Kesempatan Raih Gelar Perdana

Selasa, 14 Mei 2019 17:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Indonesiainside.id/INDOSPORT
Bendera Jepang dan Piala Sudirman. Copyright: © Indonesiainside.id/INDOSPORT
Bendera Jepang dan Piala Sudirman.

INDOSPORT.COM - Jepang menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2019. Berikut profil negara peserta Piala Sudirman 2019, Jepang. 

Turnamen bergengsi di dunia bulutangkis, Piala Sudirman 2019, akan segera bergulir. Tepatnya pada 19 hingga 26 Mei 2019 mendatang, Kota Nanning di China akan menjadi tuan rumah turnamen 2 tahunan ini. 

Piala Sudirman 2019 akan menjadi turnamen ke-16 ajang bergengsi ini. Piala Sudirman pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989, Piala Sudirman diambil dari nama Dick Sudirman, legenda bulutangkis Indonesia yang menjadi pendiri Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). 

31 negara menjadi peserta Piala Sudirman 2019, dan Jepang menjadi salah satu negara yang ikut serta. Jepang bahkan adalah ranking pertama dari 31 negara peserta Piala Sudirman 2019. 

Jepang mengumpulkan 450.447 poin dan tergabung di Grup 1. Poin Jepang tersebut lebih tinggi dari China dan Indonesia. 

Berikut profil negara peserta Piala Sudirman 2019, Jepang: 

1. Rekam Jejak

Meski Jepang sudah pernah memenangkan Piala Thomas 1 kali, dan Piala Uber sebanyak 6 kali, tetapi Jepang belum pernah mencicipi gelar Piala Sudirman. 

Prestasi terbaik Jepang di Piala Sudirman adalah menjadi runner up Piala Sudirman 2015, atau setahun berselang setelah mereka menjuarai Piala Thomas 2014. 

Sedangkan pada Piala Sudirman 2017, Jepang hanya finis sebagai semifinalis. Jepang bisa saja kembali ke final atau bahkan menjuarai Piala Sudirman 2019. 

Pada Piala Thomas 2018 lalu, Jepang nyaris saja menambah gelarnya menjadi 2, dan skuat mereka pun tak jauh berbeda. 

2. Skuat dan Sektor Unggulan

Jepang hanya menurunkan 17 pebulutangkis mereka di Piala Sudirman 2019, terdiri dari 9 putri, dan 8 putra. Meski hanya beranggotakan 17 orang, tetapi 17 orang ini adalah yang terbaik di jajaran pebulutangkis dunia. 

Di sektor putra ada nama Kento Momota, Kenta Nishimoto, Takheshi Kamura, dan Keigo Sonoda. Sedangkan di sektor putri berderet ganda-ganda yang sangat kuat seperti Yuki Fukushima, Sayaka Hirota, Misaki Matsutomo, Ayaka Takahashi, serta ada Akane Yamaguchi di nomor tunggal putri. 

Sektor ganda putri juga menjadi kekuatan dari Jepang di Piala Sudirman 2019. Ganda-ganda putri JEpang sangat mendominasi di beberapa kejuaraan BWF World Tour 2019. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara bergantian meraih gelar juara dan menjadi finalis. 

Nomor tunggal putra juga Jepang punya kekuatan. Melalui Kento Momota yang tampil apik di BWF World Tour, serta Kenta Nishimoto yang juga penampilannya semakin baik. 

Berikut skuat Jepang di Piala Sudirman 2019: 

Putra

- Kento Momota
- Kenta Nishimoto
- Takeshi Kamura
- Keigo Sonoda
- Hiroyuki Endo
- Yuta Watanabe 
- Takuro Hoki
- Yugo Kobayashi

Putri

- Nozomi Okuhara
- Akane Yamaguchi
- Yuki Fukushima
- Sayaka Hirota
- Wakana Nagahara
- Mayu Matsumoto
- Ayaka Takahashi
- Misaki Matsutomo
- Arisa Higashino

3. Prediksi

Tergabung di Grup 1 A bersama Thailand dan Rusia, Jepang diperkirakan akan lolos mudah ke perempatfinal sebagai juara Grup 1A. 

Pada babak perempatfinal Jepang mungkin akan bertemu negara kuat lain seperti Malaysia dan Denmark. Tetapi baru di babak semifinal lah ujian sesungguhnya bagi Jepang akan muncul. 

Setidaknya Jepang akan masuk ke final pada Piala Sudirman 2019. 

Ikuti Terus Berita Piala Sudirman 2019 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%