2 Syarat Mutlak Tim Indonesia Raih Juara Grup di Piala Sudirman 2019

Selasa, 21 Mei 2019 17:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Ilustrasi tim Indonesia bermain di Piala Sudirman 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi tim Indonesia bermain di Piala Sudirman 2019.

INDOSPORT.COM - Terdapat syarat mutlak bagi tim Indonesia untuk meraih posisi juara Grup B di turnamen bulutangkis dunia Piala Sudirman 2019.

Tim Indonesia berhasil memulai kompetisi di Piala Sudirman 2019 dengan begitu baik. Karena saat partai pertama bersua Inggris berakhir menang 4-1.

Pertandingan tim Indonesia vs Inggris berlangsung di Guangxi Sports Center Gymnasium, Minggu (19/05/19) lalu. Laga sempat perlangsung begitu sengit.

Tim Indonesia yang dipimpin Kevin/Marcus pada partai pembuka langsung membabat dua set langsung Marcus/Chris dengan skor 21-9, 21-18.

Kemenangan demi kemenangan tersebut terus dirasakan hingga partai ganda putri Geysia Polii/Apriyani Rahayu, yang mengalahkan Chloi Birch/Lauren Smith (21-16, 21-18).

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat tim Piala Sudirman 2019 Indonesia foto bersama dengan Ketum PBSI, Wiranto usai acara pelepasan tim di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (10/05/19). Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSkuat tim Piala Sudirman 2019 Indonesia foto bersama dengan Ketum PBSI, Wiranto usai acara pelepasan tim di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (11/05/19). Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sedangkan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Deava menelan kekalahan dari Chris Adcock/Gabrielle Adcock dua set langsung 17-21, 18-21.

Kini Indonesia akan bersua Denmark di laga terakhir. Melawan Denmark menjadi pertandingan penentuan bagi Indonesia. Lantaran manajer tim Indonesia Susy Susanti berharap Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa lolos sebagai juara grup untuk menghindari lawan kuat.

"Fase penyisihan ini pasti ada target juara grup, step by step, jangan berpikir terlalu jauh, tapi pikir yang ada di depan kami dulu saja," ujar Susy kepada wartawan, Jumat (17/05/19) lalu.

Kendati begitu Denmark bukanlah lawan yang mudah. Demi bisa memenuhi target juara grup tim Indonesia mesti melakukan cara ini untuk bisa lolos.

Terlebih saat ini tim Indonesia memiliki satu poin, Inggris juga satu (sudah dua kali main), dan Denmark yang belum menang (sempat kalah dari Inggris).

1. Menang dari Denmark

© Humas PBSI
Poin kemenangan pertama disumbang oleh ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon setelah mengalahkan Marcus Ellis dan Chris Langridge. Foto: Humas PBSI Copyright: Humas PBSIPoin kemenangan pertama disumbang oleh ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon setelah mengalahkan Marcus Ellis dan Chris Langridge. Foto: Humas PBSI

Apabila tim Indonesia ingin lolos sebagai juara grup, maka Kevin/Marcus mesti menang mutlak dari Denmark (4-1, 3-2). Kemenangan atas Denmark juga membuat Inggris lolos sebagai runner up ke babak perempatfinal.

2. Indonesia kalah 2-3

© Getty Images
Anthony Ginting Copyright: Getty ImagesTunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting.

Lalu syarat berikutnya adalah tim Indonesia hanya boleh kalah 2-3 dari Denmark untuk bisa lolos sebagai juara grup ke babak perempatfinal.

Dengan begitu tim Indonesia masih unggul atas Denmark dan Inggris. Sebab Indonesia memiliki selisih pertandingan 6-4, sementara Denmark 5-5, dan Inggris 4-6.

- Lolos runner up

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja merampungkan babak semifinal Indonesia Masters 2019 pada Sabtu (26/1/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja merampungkan babak semifinal Indonesia Masters 2019 pada Sabtu (26/01/19).

Selain bisa menjadi juara grup, Indonesia juga masih berpeluang lolos sebagai runner up grup. Jika kalah 0-5 dari Denmark maka selisih laga Indonesia menjadi 4-6 lalu Denmark finis juara grup dengan 7-3 dan Inggris memiliki angka 4-6 juga.

Meski begitu Indonesia masih unggul dalam selisih gim, di mana Indonesia ada di angka 8-12 (-4) dan Inggris 10-15 (-15). Sehingga Denmark di posisi satu, Indonesia kedua, dan Inggris ketiga.

Terus Ikuti Update Piala Sudirman 2019 dan Berita Bulutangkis Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%