Chinese Taipei, Kuda Hitam yang Bisa Jegal Indonesia di Piala Sudirman 2019

Selasa, 21 Mei 2019 06:09 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying berhasil menjadi juara tunggal putri Blibli Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (08/07/18). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pebulutangkis Taiwan, Tai Tzu Ying berhasil menjadi juara tunggal putri Blibli Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (08/07/18).

INDOSPORT.COM - Indonesia dan Chinese Taipei telah memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala Sudirman 2019. Chinese Taipei bisa saja menjadi penjegal langkah Indonesia. 

Turnamen bergengsi Piala Sudirman 2019 telah berjalan selama dua hari sejak Minggu (19/05/19) lalu. Meski baru berjalan dua hari dan belum semua negara bertanding di grup 1, namun sudah ada 3 negara yang memastikan lolos ke babak perempatfinal. 

3 negara tersebut adalah Korea Selatan, Indonesia, dan Chinese Taipei. Korea Selatan dan Chinese Taipei lolos dari Grup 1C berkat kemenangan yang mereka raih atas Hong Kong. 

Sedangkan Indonesia dipastikan lolos setelah Inggris menang dengan skor 3-2 atas Denmark. Apapun hasil pertandingan Indonesia vs Denmark pada Rabu (22/05/19), Indonesia tetap akan lolos. 

Indonesia hanya perlu menentukan juara grup dan runner up grup saat melawan Denmark. Tetapi juara grup menjadi target dari Indonesia agar mendapat lawan relatif lebih mudah di babak perempatfinal. Indonesia hanya butuh menang dalam dua nomor saja untuk memastikan diri menjadi juara grup.

Tapi, tak semua lawan di perempatfinal akan mudah dihadapi oleh Indonesia. Salah satu lawan yang berpotensi untuk menghentikan langkah Indonesia adalah Chinese Taipei. 

Chinese Taipei sudah lolos ke perempatfinal, dan kemungkinan akan menjadi runner up Grup 1C. Chinese Taipei punya kekuatan untuk mengalahkan Indonesia jika bertemu di perempatfinal. 

Pemain Unggulan Chinese Taipei

Chinese Taipei punya pemain unggulan setidaknya di dua sektor, yaitu tunggal putri dan ganda putra. Tai Tzu-ying adalah tunggal putri terbaik Chinese Taipei saat ini. 

Tai Tzu-ying adalah juara Malaysia Open 2019 dam Singapore Open 2019, Tai Tzu-ying juga saat ini adalah tunggal putri dengan ranking nomor 1 di dunia. 

Sedangkan tunggal putri Indonesia belum menunjukkan prestasi yang mumpuni dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan saat ini tak ada tunggal putri Indonesia di 10 besar ranking BWF. 

Jika Indonesia bertemu Chinese Taipei di perempatfinal, Indonesia kemungkinan besar akan kehilangan poin di nomor tunggal putri. 

Sedangkan ganda putra mereka, Lee Yang/Wang Chi-lin adalah juara India Open 2019, Orlean Masters 2019, dan Spain Masters 2019. Tentu saja itu menjadi sinyal bahaya bagi ganda putra yang dimiliki Indonesia. 

Unggulan ke-4

Chinese Taipei memang belum pernah lolos ke semifinal Piala Sudirman. Chinese Taipei terhenti di perempatfinal pada Piala Sudirman 2017 lalu. 

Tetapi tahun ini tentu sangat berbeda, Chinese Taipei menjadi unggulan ke-4 Piala Sudirman 2019. Sedangkan Indonesia berada di unggulan ke-3. 

Pertarungan antara unggulan ke-3 dan ke-4 ini bisa saja akan terjadi di babak perempatfinal. Pertarungan Indonesia vs Chinese Taipei pernah terjadi di Piala Sudirman 2015. 

Saat itu Indonesia menang dengan skor 3-1, tetapi sekali lagi Chinese Taipei sudah punya wajah berbeda dengan 4 tahun yang lalu. Sedangkan Indonesia masih mengandalkan nama lama seperti Greysia Polii, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan. 

Jika akhirnya undian mempertemukan Indonesia vs Chinese Taipei, Indonesia harus ekstra waspada jika tak ingin gagal lagi di Piala Sudirman 2019. 

Ikuti Terus Berita Piala Sudirman 2019 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%