Piala Sudirman: Incar Juara Grup, Indonesia Waspadai Tiga Sektor Kekuatan Denmark

Selasa, 21 Mei 2019 02:42 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat tim Piala Sudirman 2019 Indonesia foto bersama dengan Ketum PBSI, Wiranto usai acara pelepasan tim di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (10/05/19). Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat tim Piala Sudirman 2019 Indonesia foto bersama dengan Ketum PBSI, Wiranto usai acara pelepasan tim di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (10/05/19). Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Kendati telah dipastikan lolos ke babak perempatfinal Piala Sudirman 2019, Indonesia tetap tak ingin kalah pada pertandingan melawan Denmark, Rabu (22/05/19) mendatang.

Indonesia memang harus bisa menjadi juara grup 1B jika ingin menghindari pertemuan dengan lawan-lawan berat di partai perempatfinal dan menang atas Denmark merupakan harga mati bagi Hendra Setiawan dkk.

Setidaknya, ada tiga sektor yang diwaspadai Indonesia dari tim Denmark. Tiga sektor tersebut yaitu tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran.

"Kita tidak boleh meremehkan Denmark, setidaknya ada tiga sektor yang akan menjadi kekuatan mereka, mulai dari tunggal putra mereka, kita sudah tahu bagaimana kekuatannya, sementara ganda putra mereka tetap harus diwaspadai, sedangkan di ganda campuran, kita juga tidak boleh lengah karena mereka sepertinya telah menemukan pasangan baru di sektor tersebut," ujar Achmad Budiharto selaku Chef de Mission tim Piala Sudirman Indonesia di situs PBSI.

Denmark baru saja mengalami kekalahan mengejutkan dari Inggris di babak penyisihan grup 1B, Senin (20/05/19) kemarin, sehingga mereka dipastikan bakal tampilan habis-habisan agar bisa lolos ke babak perempatfinal Piala Sudirman 2019.

Tentunya di tunggal putra pasti akan diisi oleh juara dunia 2017, Viktor Axelsen dan rekannya, Anders Antonsen selaku juara bertahan Indonesia Masters 2019. Sedangkan di sektor ganda putra, ada pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, yang sekarang menempati peringkat kedelapan dunia.

Sementara di nomor ganda campuran ada pasangan Niclas Nohr/Sara Thygesen yang sukses mengalahkan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di German Open 2018. Sedangkan di nomor tunggal putri, Gregoria dan Fitriani diharapkan bisa tampil maksimal saat menghadapi Mia Blichfeldt atau Line Kjaersfeldt.

"Jika kita lihat di pengalaman sebelumnya seperti di Piala Uber dan Badminton Asia Championships, tunggal putri Indonesia tampil sangat baik, mereka bisa buat repot China dan Jepang dan ini bisa kita jadikan senjata andalan dalam laga melawan Denmark nanti," pungkasnya.

Indonesia saat ini menempati peringkat pertama klasemen grup 1B dan sudah dipastikan lolos ke babak perempatfinal bersama dengan Korea Selatan dan China Taipei.

Ikuti Terus Berita Bulutangkis dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM