Dibantai China 0-3, Pelatih Tim Thailand asal Indonesia Beri Pesan Elegan

Sabtu, 25 Mei 2019 18:03 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Henny Mainaky
Pelatih bulutangkis Thailand, Rexy Mainaky, yang bersyukur meski kalah 0-3 dari China di semifinal Piala Sudirman 2019. Copyright: © Henny Mainaky
Pelatih bulutangkis Thailand, Rexy Mainaky, yang bersyukur meski kalah 0-3 dari China di semifinal Piala Sudirman 2019.

INDOSPORT.COM – Thailand harus mengakhiri kiprahnya di babak semifinal Piala Sudirman 2019 setelah kalah dari tim tuan rumah China dengan skor 0-3. Meski begitu, pelatih Thailand asal Indonesia, Rexy Mainaky, tetap berpikir positif dengan kekalahan ini.

“Kami tentu mengharapkan skor yang lebih baik dari ini. Tetapi, saya harus mengatakan bahwa saya bersyukur karena pemain kami (Thailand) bermain bagus sepanjang turnamen ini berlangsung,” ujar Rexy dilansir dari situs berita olehraga Xinhua.

Tiga kekalahan Thailand diderita melalui straight set. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai kalah dari ganda campuran nomor satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, dengan skor 18-21, 7-21.

Pada pertandingan kedua, tunggal putra Thailand yang diwakili Kanthapon Wangcharoen harus mengakui keunggulan Shi Yuqi dengan skor ketat 15-21, 24-26. Kekalahan Thailand kembali berlanjut ketika Tinn Isriyanet/Kittinupong Kedren takluk dari Li Junhui/Liu Yuchen dengan 14-21, 17-21.

“Jika Thailand ingin menjuarai ajang beregu Piala Sudirman, kami harus berbenah di sektor tunggal putra,” ujar Rexy.

Hal tersebut tentu berdasarkan bukti kuat. Pasalnya, Kantaphon sendiri kalah di fase grup melawan wakil Rusia, Vladimir Malkov, dengan dua set langsung 13-21, 15-21. Adapun wakil tunggal putra lainnya yakni Sitthikom Thammasin takluk dari Kento Momota (Jepang) dengan 19-21, 10-21.

Meski langkahnya terhenti, pencapaian Rexy yang membawa Thailand melaju ke semifinal merupakan torehan fantastis. Ini menjadi semifinal kedua Thailand beruntun sepanjang sejarah Piala Sudirman diadakan.

Sementara itu, partai semifinal lain akan mempertemukan Indonesia dan Jepang. Pemenang dari laga ini akan ditunggu China di partai puncak pada Minggu (26/5/19) esok.