Mantan Pebulutangkis Nomor Satu Dunia Dukung Lee Chong Wei Pensiun Sekarang

Minggu, 9 Juni 2019 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter
Pemain andalan Malaysia, Lee Chong Wei, kabarnya sedang mempertimbangkan opsi pensiun setelah berulang kali tidak mendapat lampu hijau dari dokter untuk kembali ke lapangan. Copyright: © Twitter
Pemain andalan Malaysia, Lee Chong Wei, kabarnya sedang mempertimbangkan opsi pensiun setelah berulang kali tidak mendapat lampu hijau dari dokter untuk kembali ke lapangan.

INDOSPORT.COM - Mantan pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Roslin Hashim, mendukung Lee Chong Wei segera pensiun, menyusul kondisi kesehatannya yang kurang meyakinkan.

Teka-teki masa depan Chong Wei di dunia bulutangkis memang masih abu-abu. Setelah menyatakan keinginannya berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, hingga kini ia belum mendapat rekomendasi medis untuk kembali ke lapangan usai menderita kanker hidung pada tahun 2018 lalu.

Sempat pula tersiar kabar jika Chong Wei akan gantung raket dalam waktu dekat, guna mendukung regenerasi pemain muda, mengingat usianya saat ini sudah mencapai 36 tahun. Hal itu pun membuat Hashim merasa harus angkat suara sebagai seorang legenda bulutangkis.

“Terlepas dari apa yang orang katakan, akhirnya Chong Wei-lah yang memutuskan masa depannya. Tetapi jika dia memutuskan berhenti, saya percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Ini adalah pandangan saya sebagai mantan pemain,” ucapnya seperti dilansir dari laman New Straits Times.

Lebih lanjut, Hashim mengatakan bahwa hanya Chong Wei yang mengetahui kondisi tubuhnya sendiri. Jika ingin bermain bulutangkis untuk bersenang-senang, silakan saja, namun untuk berlaga di kompetisi besar menurutnya akan cukup sulit.

“Semua orang tahu tentang kondisi kesehatannya dan bahkan jika dia bebas dari kanker, para dokter mungkin menyarankan dia untuk tidak menempatkan dirinya dalam tekanan yang tidak semestinya. Bulutangkis papan atas itu menegangkan, suka atau tidak,” tambahnya lagi.

Chong Wei dikabarkan akan segera bertemu dengan Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk membahas masa depannya. Namun hingga kini masih belum jelas apakah Chong Wei akan pensiun atau tidak.

Setelah didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli 2018 lalu, Chong Wei memang belum ambil bagian dalam turnamen apa pun. Setelah keluar dari Kejuaraan Dunia pada bulan Agustus lalu, sulit bagi Chong Wei untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 karena saat ini ia berada di peringkat 190 dunia.