Calon Penerus Dominasi Lee Chong Wei di Tunggal Putra Malaysia

Kamis, 13 Juni 2019 17:51 WIB
Editor: Juni Adi
© Fourthofficial
Selebrasi Lee Chong Wei. Copyright: © Fourthofficial
Selebrasi Lee Chong Wei.

INDOSPORT.COM - Para pecinta bulutangkis dunia, tengah bersedih lantaran tidak lagi bisa menyaksikan aksi salah satu tunggal putra terbaik dunia, Lee Chong Wei setelah memutuskan pensiun.

Kepastian itu diumumkan oleh Lee Chong Wei melalui konferensi pers di laman Facebook Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Kamis (13/06/19).

Dalam pengumumannya, Lee Chong Wei didampingi oleh Menpora Malaysia, Syed Saddiq Abdul Rahmad dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria.

Faktor kesehatan jadi salah satu alasan Lee Chong Wei pensiun. Dirinya didiagnosis kanker hidung pada Juli 2018 lalu, dan sempat menjalani perawatan intensif di Taiwan.

"Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah berada cukup lama di BAM, selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya membuat keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang," kata Chong Wei dalam konferensi pers tersebut.

Keputusan tersebut membuat BAM langsung gergegas melakukan regenerasi, untuk melahirkan pebulutangkis tunggal putra Malaysia yang tangguh sebagai suksesor Lee Chong Wei.

Sejumlah nama pun disebut-sebut tengah dipersiapkan yang berfokus pada pemain muda, mereka adalah Ng Tze Yong, Lim Chong King, dan Aidil Sholeh Ali Sadikin.

Direktur kepelatihan BAM, Wong Choong Hann bahkan mengaku sangat senang melihat perkembangan potensi ketiganya. Bahkan, mereka sudah ikut berlatih dengan tim senior sejak enam bulan terakhir, usai dipromosikan.

"Chong King, Aidil, dan Tze Yong telah menunjukan prospek yang sangat baik dalam latihan. Mereka memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan kemampuannya, dan bersedia untuk bekerja keras," kata Wong Choong Hann situs berita olahraga asal Malaysia, Bernama.com.

Dalam waktu dekat, Wong Choong berencana melepas ketiga pemain tersebut terjun ke dalam enam atau delapan turnamen satelit hingga paruh kedua tahun ini.

Sebelumnya, dua dari tiga nama tersebut sudah pernah merasakan kompetisi pada level junior yaitu Ng Tze Yong dan Aidil Sholeh Ali Sadikin. Keduanya merupakan  perempatfinalis Kejuaraan Dunia Junior 2018 di Kanada.

"Mereka akan bermain dalam turnamen Challenge Internasional atau turnamen Seri Internasional, dan kami ingin melihat bagaimana perkembangan mereka," ujar Wong.

Andai rencana tersebut berjalan lancar, Wong Choong Hann mengharapkan ketiganya untuk mulai memberikan hasil pada akhir 2020 dan jadi tunggal putra terbaik Malaysia seperti Lee Chong Wei.