Gagal ke Olimpiade Tokyo 2020, Lee Chong Wei: Saya Bakal Rindu Lagu Negaraku Berkumandang

Kamis, 13 Juni 2019 16:19 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Irfan Fikri
© On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun. Copyright: © On Man Kevin Lee/Getty Images
Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun.

INDOSPORT.COM - Mantan pebulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei meminta maaf ke fans karena tak bisa mengikuti Olimpiade Tokyo 2020.

Ketidakikutsertaan Chong Wei ke turnamen 4 tahunan sekali tersebut lantaran ia kini tak lagi berstatus sebagai atlet. Pria 36 tahun tersebut resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain bulutangkis pada Kamis (13/06/19) waktu Malaysia.

Semenjak didiagnosa menderita kanker hidung pada Juli 2018, Chong Wei tak pernah lagi terlibat dalam turnamen Internasional bulutangkis.

Bahkan di turnamen beregu dua tahunan, Piala Sudirman 2019, ia juga terpaksa absen membela Malaysia lantaran masih dalam tahap penyembuhan.

Ia sempat diisukan bakal segera kembali terjun di turnamen bulutangkis beberapa kali, namun ternyata keadaan yang belum stabil membuatnya terpaksa harus kembali absen dalam turnamen Internasional.

Absen panjang dan tak kunjung melakukan comeback membuat ranking Chong Wei di BWF pun terjun drastis. Namanya tak lagi bertengger di peringkat atas, melainkan terjun bebas ke peringkat 100 besar dunia.

Padahal jika ingin ambil bagian di Olimpiade Tokyo, ia harus masuk peringkat 15 besar dunia dan perhitungan poin sudah dimulai sejak turnamen New Zealand Open 2019.

Tetapi kini, Chong Wei sudah dipastikan tidak akan terlibat dalam kompetisi yang sama sekali belum pernah dimenangkannya dengan medali emas tersebut. Melalui akun Instagramnya, @leechongweiofficial.

Mem-posting gambar dirinya yang mengenakan seragam bulutangkis berwarna pink sambil mengangkat tangan, pria 36 tahun tersebut menuliskan caption permohonan maaf kepada fansnya karena ia tak dapat terlibat di Olimpiade Tokyo 2020 sebagai pemain bulutangkis.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Rakan sekalian, Selamat Hari Raya dan Salam sejahtera. Saya ingin meminta maaf Sebab saya  sudah tidak mampu lagi bermain badminton untuk negara dan anda semua. Doktor menasihatkan saya bahawa risiko kanser kembali agak tinggi sekiranya saya berlatih dengan intensiti seperti dulu. Ya, Tokyo 2020 tidak kesampaian. Tetapi, saya rasa saya akan meninggalkan arena Badminton tanpa kekesalan. Dari kecil, impian saya memang nak mewakili nkegara ini. Dan rasanya, saya dah berjaya. Perasaan berdiri di podium, melihat bendera dinaikkan dan mendengar lagu Negaraku sememangnya akan dirindui. Jangan risau sangat atas pengunduran Diri Saya Kerana kita mempunyai Barisan pelapis Yang kuat. Saya yakin dia orang boleh! Terima kasih kawan kawan. Minta maaf atas mana mana Yang tak sempurna dalAm karier sukan saya. Dah tiba masa untuk kuda tua ini berehat. Terima kasih. ****** 大家好,我是李宗伟,几经挣扎我最终选择了挂拍,为我近20年在马来西亚国家队的羽毛球职业生涯,画上句点。 很抱歉让球迷们失望了,如果情况允许,我也想第五次站在奥运的赛场上,实现奥运金牌梦,如果身体可以我也想承载着国人的寄望,披着国旗继续前进,如果可以... 但,人生没有如果。 放下球拍这不是容易的决定,心里头满满的不舍,但决定了就好了。感谢教练、队友、羽总全体员工、物理治疗师、所有喜欢我的爱我的支持我的、看过我打球的、曾给我留言的朋友,谢谢你们,这一路上因为有你们,我才能是我。 很多朋友问我之后什么打算?除了好好休息,还有好多事情等着我去做,其中包括实现承诺,带我的老婆去度蜜月,结婚到现在讲到现在,终于有时间可以去做了,咦,要去哪里呢? 各位朋友,这一站我就先下车了,希望带着你们的祝福,继续前往下一段更精彩的人生路。

A post shared by Datuk Wira Lee Chong Wei (@leechongweiofficial) on

"Saya minta maaf karena tak bisa terlibat di Olimpiade Tokyo 2020. Meskipun begitu, saya tidak akan meninggalkan arena bulutangkis dengan kekesalan. Dari kecil impian saya adalah mewakili negara ini dan saya pikir saya telah berjaya. saya pasti akan sangat merindukan saat dimana melihat bendera dinaikannya sambil mendengar lagu Negara saya ketika naik podium," tulisnya.

19 tahun di dunia bulutangkis, Lee Chong Wei menorehkan beragam prestasi luar biasa. Sayangnya, ia belum berhasil mempersembahkan medali emas untuk negaranya di selama masih aktif menjadi seorang pebulutangkis.