Juara Tunggal Putri Indonesia Open yang 'Berkhianat' Atas Negaranya

Sabtu, 22 Juni 2019 20:33 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images
Wang Chen pebulutangkis Hong Kong. Copyright: © TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images
Wang Chen pebulutangkis Hong Kong.

INDOSPORT.COM - Pernah juarai Indonesia Open tidak menjamin pebulu tangkis asal China, Wang Chen ingin menetap di Negeri Tirai Bambu. Hal ini justru membuatnya memilih "berkhianat" ke Hongkong.

Keputusannya untuk berpaling ke negara semi merdeka, Hong Kong, dikarenakan Chen tak mau membuang-buang waktunya bersaing di Timnas bulutangkis China.

Dilansir laman berita Badzine, selama masih berkarir di Timnas bulutangkis China, Chen sempat berkali kali bertanding melawan para legenda bulutangkis. Sebut saja Susy Susanti, Mia Audina, Bang Soo Hyun, Ra Kyung Min, dan Ye Zhaoying.

Saat itu, dirinya bahkan bisa menapaki peringkat bulu tangkis dengan cepat. Memulai debut di peringkat 59 dunia, berselang empat bulan dirinya berhasil meraih posisi 9. Kala itu, dirinya bahkan mampu meraih posisi dua di Indonesia Open 1996 saat masih tergabung di Timnas bulutangkis China.

Salah satu kompetisi yang cukup bersejarah ketika dirinya bertanding melawan legenda bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti, di Indonesia Open 1996.

Sayang, Chen harus puas memperoleh posisi runner-up usai dikalahkan Susy dengan skor 8-11, 8-11. Namun, hal ini tidak membuatnya putus asa dirinya kemudian sempat mengikuti beberapa Indonesia Open lainnya.

Chen kemudian beralih ke negara semi merdeka, Hong Kong, karena tidak mampu bersaing dengan berbagai atlet bulu tangkis lainnya di China. Banyak atlet hebat kala itu seperti Zhang Ning, Xie Xingfang, Wang Yihan dan Wang Lin kala itu.

Namun, meski berpindah kewarganegaraan, justru prestasinya malah makin menjadi-jadi. Dirinya berhasil memperoleh berbagai gelar bergengsi seperti BWF Grand Prix Indonesia Open 2005, BWF Superseries Hong Kong Open 2008, Asian Games 2006, dan World Championships 2007.

Ketika telah bergabung dengan Timnas bulutangkis Hong Kong, Chen sempat mengikuti Indonesia Open tahun 2005. Di kompetisi itu Chen berhasil menang telak atas Mia Audina Tjiptawan dengan skor telak 11-7,11-1. Prestasinya yang luar biasa itu sempat mengantarkan dirinya meraih peringkat 5 dunia.

Usai menunjukan karir bulutangkis yang luar biasa, Wang Chen kemudian memutuskan untuk beralih profesi sebagai pelatih Timnas bulu tangkis Hong Kong pada tahun 2010 lalu.

3