Netizen Kecam Ganda Putri Malaysia yang Tidak Sportif Terhadap Indonesia

Senin, 24 Juni 2019 06:16 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Abdurrahman Ranala
© Humas PBSI
Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto harus akui kekalahan di partai final Malaysia International Series 2019. Copyright: © Humas PBSI
Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto harus akui kekalahan di partai final Malaysia International Series 2019.

INDOSPORT.COM – Para warganet menyoroti sikap kontroversial dari Tan Pearly Koong Le/Muralitharan Thinaah (Malaysia) kepada Ribka Sugiarto/Febriana Dwi Puji Kusuma (Indonesia) di babak final ganda putri Malaysia International Series 2019 pada Minggu (23/6/19).

Kejadian itu bermula pada kedudukan 14-14 di set ketiga. Pasangan Indonesia menyambar bola tanggung di depan net akibat pengembalian yang tidak sempurna dari pasangan Malaysia.

Bola yang sudah menyentuh lapangan itu dikembalikan secara sengaja oleh pasangan Malaysia. Alhasil, bola jatuh di daerah permainan Indonesia.

Pasangan Malaysia sendiri telah mengetahui bahwa bola tersebut menjadi poin untuk Indonesia. Namun, sang pengadil tiba-tiba menyatakan bahwa Malaysia berhak atas poin tersebut dan kedua pemain asal Negeri Jiran itu melakukan selebrasi.

Sesuai dugaan, ganda putri Indonesia tidak puas dengan keputusan tersebut. Unggulan pertama ini melancarkan protes dan bahkan mendapatkan kartu kuning karena tak kunjung kembali ke lapangan. Meski tetap melanjutkan pertandingan, Ribka/Febriana takluk dengan skor 16-21, 21-11, 18-21.

Salah satu akun Twitter bernama @JNAgniya menyayangkan bahwa pasangan Malaysia seperti tidak memiliki rasa bersalah meski diyakini mengetahui bahwa poin tersebut ialah untuk Indonesia.

Selain itu, akun @sonagee_ menyatakan bahwa gelar juara yang direbut Malaysia ini adalah hal yang sia-sia. Meski ia menilai pasangan Negeri Jiran memiliki kemampuan yang baik, sikap kontroversi ini merusak sportivitas.

Kekalahan di sektor ganda putri ini membuat Indonesia membawa tiga gelar dari nomor ganda campuran, ganda putra, dan tunggal putri. Adapun dua nomor sisanya direbut oleh tuan rumah.

IDS Emoticon Suka
Suka
2%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
11%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
2%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
2%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%