Disingkirkan Malaysia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow Mengaku Kalah Strategi

Jumat, 19 Juli 2019 19:33 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan Tontowi Ahmad/Winny gagal melaju ke semifinal Indonesia Open 2019 setelah dikalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan Tontowi Ahmad/Winny gagal melaju ke semifinal Indonesia Open 2019 setelah dikalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Disingkirkan pasangan Malaysia Goh Liu Ying/Chan Peng Soon pada perempatfinal Blibli Indonesia Open 2019, Jumat (19/07/19), ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow mengaku kalah strategi dan jam terbang. 

Diketahui, Owi/Winny, yang menjadi wakil terakhir Indonesia dalam sektor ganda campuran yang lolos ke perempatfinal, memberi perlawanan cukup ketat selama 60 menit sebelum menyerah tiga game kepada unggulan kelima itu, 11-21, 21-14, 14-21.

Pasangan Malaysia langsung menggempur pada game pertama, memaksa Owi/Winny untuk membuat sejumlah pengembalian bola yang buruk sehingga kehilangan banyak poin.

"Yang saya rasakan main di set 1 mungkin strategi kurang pas karena kita main lambat. Bisa dibilang strategi kami kalah," ujar Owi usai laga.

"Di set kedua, kami bisa bermain cepat dan menyerang. Di set ketiga kami kalah licik juga kali ya. Mereka bagus mainnya, ada servis-servis panjang dan kami kalah di situnya," imbuhnya. 

Pada game terakhir yang ketat, Owi/Winny menemukan pola permainannya dan mulai mendikte lawan dengan serangan-serangan cepat hingga memaksa Goh tersungkur di lapangan ketika skor 9 sama. Namun dua pengembalian bola yang gagal dari Tontowi menguntungkan Malaysia pada interval game.

Owi juga menjelaskan bahwa di set ketiga ia dan Winny sebenarnya memiliki peluang untuk menciptakan poin, namun mereka malah mati dan membuat musuh lebih percaya diri. 

Terkait kegagalan di set ketiga, Winny menegaskan bahwa ia dan Owi tidak tegang, hanya terburu-buru. "Bukan tegang, tapi terburu-terburu. Sudah tahu arah bola ke mana, tapi karena pengin cepet-cepat matiin, malah kami yang mati sendiri," katanya. 

Kegagalan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow otomatis membuat Goh Liu Ying/Chan Peng Soon melaju ke semifinal Indonesia Open 2019.