Hasil Pertandingan Indonesia Open 2019: Kalahkan Wakil China, Kevin/Marcus ke Semifinal

Jumat, 19 Juli 2019 18:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi melaju semifinal Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Selasa (16/07/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi melaju semifinal Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Selasa (16/07/19).

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil melaju ke babak semifinal Indonesia Open 2019 setelah menang atas wakil China, Ou Xuan Yi/Zhang Nan, Jumat (19/07/19).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kevin/Marcus berhasil menang mudah dalam pertandingan straight games yang berakhir dengan skor 21-12, 21-16 hanya dalam waktu 31 menit.

Pada set pertama, kedua pasangan telah menyuguhkan persaingan sengit dengan smash kuat dilontarkan, namun Kevin/Marcus berhasil unggul 4-2 di menit-menit pertama laga.

Kesalahan yang dilakukan oleh Xuan/Zhang dengan shuttlecock terus mengenai net serta smash bola panjang dari Kevin/Marcus gagal dihalau oleh wakil China membuat mereka unggul 7-3. Interval pertama ditutup dengan keunggulan tuan rumah 11-4 dalam waktu 4 menit saja.

Pasca interval pertama, tekanan terus disuguhkan oleh pasangan yang berjuluk The Minions, namun Kevin/Marcus sempat melakukan kesalahan dengan tidak akuratnya defense yang dilakukan, akan tetapi bisa diatasi dengan serangan smash kilat membuat kedudukan unggul 17-11.

Game pertama pun berakhir dengan keunggulan The Minions dengan skor 21-12 di laga yang berlangsung cepat yakni 15 menit, berkat kecepatan Kevin dan adu netting yang mulus nan mematikan dari Marcus.

Di set kedua, Kevin/Marcus memulai pertandingan dengan percaya diri serta memanfaatkan kesalahan dari pasangan China yang seolah tak berdaya membuat mereka unggul 6-0.

Xuan/Zhang yang merupakan ganda putra yang baru dirombak oleh China, kerap gagal meniru kecepatan serta kesulitan mengikuti gaya permaianan Kevin/Marcus membuat interval kedua diakhiri dengan keunggulan 11-9 oleh The Minions.

Usai interval kedua, Xuan/Zhang mencoba mengejar kedudukan 15-15 dengan memberikan smash secara bertubi-tubi membuat pertahanan wakil Indonesia jebol.

Meski demikian, Kevin/Marcus berhasil unggul 19-16 berkat defense yang baik dan membuat lawannya sempat kewalahan. The Minions terus memperpanjang keunggulan dengan mengakhiri game kedua dengan skor 21-16.

Hasil ini membuat Indonesia kembali mengirimkan wakilnya di babak semifinal Indonesia Open 2019, usai Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengalahkan wakil Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe lewat rubber game 21-15, 9-21, 22-20.

Di babak semifinal, Kevin/Marcus akan kembali berhadapan dengan pasangan China lainnya yakni Li Jun Hui/Liu Yu Chen yang merupakan unggulan nomor 2 dunia dan musuh bebuyutan ganda putra Indonesia.