In-depth

Analisis Indonesia Open 2019: Mental Pemenang Bawa Ahsan/Hendra ke Final

Sabtu, 20 Juli 2019 15:11 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan merayakan kemenangan sekaligus lolos ke semifinal Indonesia Open 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan merayakan kemenangan sekaligus lolos ke semifinal Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut analisis pertandingan ganda putra bulutangkis Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, wakil Jepang di semifinal Indonesia Open 2019.

Pertemuan semifinal Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Takura Hoki/Yugo Kobayashi diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/07/19) siang.

Pertandingan semifinal ganda putra bulutangkis ini berlangsung sangat seru, dengan memerlukan tiga set permainan untuk menentukan siapa yang melaju ke final Indonesia open 2019.

Set Pertama: Ahsan/Hendra Seperti Tertekan

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memulai set pertama dengan tempo permainan yang tidak terlalu cepat.

Mereka yang sempat mencuri poin pertama, harus tertinggal 3-6 dari wakil Jepang. Penampilan ganda putra Jepang pun berhasil memberi mereka tekanan yang luar biasa.

Bagaimana tidak, penampilan konsisten Takuro Hoki/Yugo Kobayashi membuat Ahsan/Hendra terus tertinggal meski poin ganda putra Indonesia terus bertambah.

Hingga akhir set pertama, skor 21-17 berhasil dimenangkan oleh ganda putra Jepang, Ahsan/Hendra tampak sangat tertekan sepanjang set pertama.

Set Kedua: Ahsan/Hendra Berhasil Menang, Tapi Bikin Deg-degan

© Twitter@DjarumBadminton
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi. Copyright: Twitter@DjarumBadmintonMohammad Ahsan/Hendra Setiawan melakukan selebrasi.

Set kedua Ahsan/Hendra tentunya mengincar kemenangan. Mereka juga berhasil membuka poin lebih dulu dari wakil Jepang, namun setelah itu, skor antara keduanya terus kejar-kejaran.

Hingga skor sementara 8-8, Ahsan/Hendra berhasil unggul namun kedudukan langsung disamakan oleh wakil Jepang. Hingga pada poin ke-10 untuk wakil Jepang, membuat Ahsan/Hendra tertinggal dua poin.

Ahsan/Hendra membuat Istora Senayan seperti bergetar saat mereka berhasil mengejar ketertinggalan dua poin menjadi 10-10. Mereka bahkan sempat unggul saat skor 12-11.

Namun setelah itu, perlawanan sengit wakil Jepang seolah-olah tak rela Ahsan/Hendra unggul jauh, kejar-kejaran pun terjadi hingga skor menunjukkan 17-17.

Tapi titik bangkit Ahsan/Hendra dimulai dari sini, mereka berhasil unggul tiga poin hingga skor 20-17. Sebelum set kedua berhasil mereka menangkan dengan skor akhir 21-19.

Set Ketiga: Mental Membawa Ahsan/Hendra ke Final Indonesia Open 2019

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil lolos ke semifinal usai tumbangkan pasangan Jepang di Indonesia Open 2019. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil lolos ke semifinal usai tumbangkan pasangan Jepang di Indonesia Open 2019.

Setelah perlawanan sengit di set kedua dan ketiga, Ahsan/Hendra mencoba untuk saling melengkapi dan mencoba untuk memberi yang terbaik di set penentuan ini.

Benar saja, sempat tertinggal di awal set ketiga, Ahsan/Hendra seperti tancap gas dan menunjukkan mental kemenangan mereka. Mereka terus-terusan unggul dari Jepang hingga skor imbang 14-14.

Disinilah mental Ahsan/Hendra benar-benar teruji dan mereka berhasil meninggalkan wakil Jepang hingga menutup set ketiga dengan kemenangan 21-17. Poin ke-21 juga didapat dengan memanfaatkan kelengahan lawan.

Selain melaju ke babak final Indonesia Open 2019, kemenangan atas wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, tentunya akan berpengaruh besar pada peringkat dunia Ahsan/Hendra yang saat ini saja masih bertengger di urutan ketiga.