Catatan Mengejutkan Ahsan/Hendra Usai Kandaskan Wakil Jepang di Indonesia Open 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 16:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil lolos ke semifinal usai tumbangkan pasangan Jepang di Indonesia Open 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil lolos ke semifinal usai tumbangkan pasangan Jepang di Indonesia Open 2019.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada tiga catatan mengejutkan usai Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses kandaskan wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di Indonesia Open 2019.

Pertandingan semifinal Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (20/07/19) siang.

Ahsan/Hendra mencoba menguasai jalannya pertandingan sejak awal dengan pukulan-pukulan akurat yang membuat wakil Indonesia ini unggul lebih dulu 3-1.

Namun pasangan asal Jepang itu perlahan tapi pasti berbalik memimpin dari Ahsan/Hendra. Mulai dari kedudukan angka 3-6, 5-7 hingga menjauh 6-11.

Sempat meraih asa di kedudukan 17, Ahsan/Hendra akhirnya harus merelakan set pertama ke tangan Hoki/Kobayashi dengan skor 17-21.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembalikan smash kepada pasangan Jepang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembalikan smash kepada pasangan Jepang.

Kendati sempat terkejar di angka 17-17, Ahsan/Hendra sukses merebut set kedua dengan angka 21-19. Laga pun berlanjut ke Rubber Game yang menjadi penentu.

Beruntung, dalam kejar-kejaran angka di penghujung pertandingan, Ahsan/Hendra berhasil kembali memimpin sekaligus memenangkan laga ini dengan angka 21-17.

Dengan begitu Ahsan/Hendra sukses mengunci satu tiket ke final Indonesia Open 2019 di sektor ganda putra. Ahsan/Hendra tinggal menunggu laga Kevin/Marcus vs Hui/Chen (Tiongkok).

Meski demikian ternyata masih tersimpan catatan menarik yang tampaknya mesti diketahui oleh para penggemar bulutangkis Tanah Air. Berikut ulasannya.

1. Unggul Head to Head

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembalikan smash kepada pasangan Jepang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembalikan smash kepada pasangan Jepang.

Kemenangan di Indonesia Open 2019 ini membuat Ahsan/Hendra unggul head to head (pertemuan) terhadap Hoki/Kobayashi (wakil Jepang).

Sebab keduanya memang baru bertemu sekali sepanjang sejarah dari berbagai kompetisi bulutangkis dunia. Tentu menjadi hal yang istimewa bagi Ahsan/Hendra.

2. Ulang Capaian 2014

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan merayakan kemenangan sekaligus lolos ke semifinal Indonesia Open 2019. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGanda putra antara wakil Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan merayakan kemenangan sekaligus lolos ke semifinal Indonesia Open 2019.

Selain itu fakta berikutnya membuat Ahsan/Hendra berhasil mengulangi capaian Indonesia Open 2014 silam, dimana mereka bisa mencapai babak final.

Akan tetapi pada laga pamungkas itu, Ahsan/Hendra kalah dari wakil Korea Selatan Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong dengan skor 15-21, 17-21.

3. Pencapaian Tertinggi

© BWF — Badminton World Federation
Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi Copyright: BWF — Badminton World FederationPasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Fakta terakhir, menjelaskan kalau langkah wakil Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di ajang Indonesia Open 2019 ini menjadi capaian tertinggi.

Sebab dalam dua edisi terakhir (2017 dan 2018), Hoki/Kobayashi selalu kandas di babak pertama. Sedangkan pada 2019, mereka bisa melaju hingga babak semifinal.