Fakta dalam Angka Kemenangan Hafiz/Gloria atas Zheng/Hua Yaqiong

Jumat, 26 Juli 2019 12:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PP PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di Japan Open 2019. Copyright: © Humas PP PBSI
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di Japan Open 2019.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mencatatkan rekor usai memastikan tiket semifinal Japan Open 2019 dengan menyingkirkan wakil dari China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, Jumat (26/07/19).

Hafiz/Gloria menang atas wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, dengan skor 21-17, 15-21, dan 21-19 dalam pertandingan selama 55 menit di babak perempatfinal Japan Open 2019 yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo.

Kemenangan Hafiz/Gloria atas Zheng/Hua Yaqiong ini membuat mereka mengantongi tiga catatan apik, sebagaimana yang dilansir dari akun resmi BadmintonTalk.com di Twitter.

Pertama, Hafiz/Gloria menjadi ganda campuran pertama yang pernah mengalahkan Zheng/Huang di pertandingan babak perempatfinal.

Bisa dikatakan, kemenangan di Japan Open 2019 ini membuat mereka berhasil memutus rantai kemenangan 22 kali secara beruntun milik pasangan China di babak perempatfinal.

Kedua, Hafiz/Gloria saat ini menjadi pasangan ganda campuran kedua Indonesia, setelah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang mampu mengalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Zheng/Huang, yang baru saja menjuarai Indonesia Open 2019 pekan lalu, bisa dibilang merupakan rival berat pasangan Tontowi/Liliyana, sebelum Liliyana pensiun awal tahun 2019 lalu.

Tontowi/Liliyana tercatat sudah empat kali bertemu dengan Zheng/Huangpada tahun 2018, dan yang terakhir di ajang Denmark Open 2018. Dari keempat pertemuan itu, Tontowi/Liliyana hanya baru merasakan satu kali kemenangan. 

Ketiga, berkat hasil di perempatfinal ini, Hafiz/Gloria berhasil mengakhiri catatan Zheng/Huang yang memenangkan 10 pertandingan secara beruntun melawan ganda campuran Indonesia. Terakhir, Zheng/Huang mengalahkan Tontowi/Liliyana di Badminton Asia Championsip 2018.

Terlepas dari tiga catatan apik tersebut, Hafiz/Gloria juga berhasil menciptakan sejarah di Japan Open. Mereka akan melakoni duel All Indonesian semifinal Japan Open 2019 melawan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, pada semifinal, Sabtu (27/7/2019) besok.

Praveen/Melati sebelumnya menaklukkan wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, melalui straight set, 21-15, 21-15.