Tontowi Tak Kunjung Klop dengan Winny, 'Sang Mantan' Beri Saran Berkelas

Sabtu, 10 Agustus 2019 13:08 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan Tontowi Ahmad/Winny gagal melaju ke semifinal Indonesia Open 2019 setelah dikalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pasangan Tontowi Ahmad/Winny gagal melaju ke semifinal Indonesia Open 2019 setelah dikalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying di Istora Senayan, Jumat (19/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Mantan pebulu tangkis ganda campuran, Liliyana Natsir, memberikan saran berkelasnya kepada pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow yang tak kunjung memiliki menunjukkan perfoma meyakinkan.

Tontowi Ahmad seperti diketahui memilih Winny sebagai pasangan anyarnya di ganda campuran, setelah ditinggal pensiun oleh Liliyana Natsir usai gelaran Indonesia Masters 2019 pada Januari lalu.

Ditinggal Liliyana dan bermain dengan pasangan baru, Tontowi tak kunjung nyetel dan meraih hasil maksimal. Paling tinggi, Tontowi/Winny bisa mencapai babak perempatfinal Indonesia Open 2019, sedangkan di Japan Open dan Thailand Open, mereka tidak berhasil meraih hasil maksimal.

Melihat kondisi mantan partnernya, Liliyana mencoba memberikan saran kepada Tontowi yang mungkin bisa diterapkannya kepada Winny yang notabenenya masih berusia sangat muda yakni 20 tahun.

"Saya telah mengikuti beberapa pertandingan dan turnamen terbaru Tontowi, saya merasa dia baik-baik saja dan bisa memimpin dengan baik di ganda campuran serta membantu Winny untuk bermain tenang di sepanjang pertandingan,"

"Tontowi dan saya berbicara dan dia meminta saran saya untuk datang serta memberikan saran kepada Winny. Saya mengatakan bahwa persiapan mental sebelum turnamen sangat-sangat penting dan itu akan berdampak tidak baik jika saya berbicara langsung pada Winny, jadi saya menyarankan agar Tontowi terus mendukungnya," ujar Liliyana dilansir dari media bwfbadminton.com.

Liliyana mengakui bahwa perasaan antara pria dan wanita saat bermain sangat berbeda. Wanita, diakui mantan juara dunia 4 kali tersebut, memiliki perasaan yang lebih sensitif.

"Tontowi harus memberikan dukungan dan kepercayaannya pada Winny dan mengatakan pada Winny bahwa ia harus menikmati permainannya sendiri untuk bisa tampil dengan baik," lanjutnya.

Peraih medali emas Olimpiade 2016 tersebut mengakui bahwa membatasi cara bermain Winny tidak akan menjadi lebih baik untuknya.

"Membatasi Winny dengan cara tertentu, berdasarkan pengalaman dan usianya, saya khawatir ia akan kebingungan. Jadi, hal terbaik untuk saat ini adalah memberikan dukungan padanya.

"Sedangkan untuk teknik dan taktik para pelatih pasti sudah lebih tahu. Winny hanya perlu meningkatkan rasa percaya diri dan semangatnya," pungkas Liliyana.

Turname terdekat yang akan dilakoni oleh Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow adalah Chinese Taipei Open 2019 yang akan digelar 3-8 September mendatang.

1