Lin Dan: Penguasa Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang Disebut 'Mainan' Pebulutangkis Indonesia

Senin, 12 Agustus 2019 16:10 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal China, Lin Dan dikalahkan tunggal Taiwan, Chou Tien Chen dengan rubber set 22-24, 21-17 dan 21-13 pada babak ketiga Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Kamis (18/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal China, Lin Dan dikalahkan tunggal Taiwan, Chou Tien Chen dengan rubber set 22-24, 21-17 dan 21-13 pada babak ketiga Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Kamis (18/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tidak ada yang menyangkal kalau Lin Dan merupakan salah satu bakat fantastis yang pernah dimiliki China di masa lalu. Rasa-rasanya tidak ada pecinta bulutangkis yang tidak kenal siapa Lin Dan. Namun bagaimana nasibnya kini?

Pebulutangkis yang lahir pada 14 Oktober 1983 tersebut merupakan salah satu tunggal putra yang paling 'ditakuti' di eranya. Ia hampir memenangkan seluruh gelar kejuaraan bulutangkis internasional, tak terkecuali Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Atlet yang terkenal dengan julukan Super Dan tersebut tercatat telah berhasil lima kali naik podium tertinggi turnamen bergengsi tersebut pada tahun 2006, 2007, 2009, 2011 dan 2013.

Ia pun merupakan tunggal putra tersukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. tak hanya itu, ia juga memimpin daftar peraih gelar terbanyak pada kejuaraan dunia yang rencananya akan digelar di Basel, Swiss di tahun 2019 ini.

Tetapi Lin Dan yang sekarang bukanlah Lin Dan yang dulu. Ia yang perlahan mulai ditelan usia yang sudah tak lagi muda, tetapi masih enggan meninggalkan dunia tepok bulu yang membesarkan namanya.

Penurunan perfoma Lin Dan tersebut bahkan mendapat penilaian buruk dari media asal Vietnam, 24.com, yang hanya menjadi mainan bagi wakil Indonesia yakni Shesar Hiren Rushtavito yang berhasil mengandaskannya di babak 16 besar Thailand Open 2019.

© 24h.com.vn
Media Vietnam Sebut Lin Dan Jadi Mainan Pebulutangkis Indonesia Copyright: 24h.com.vnMedia Vietnam Sebut Lin Dan Jadi Mainan Pebulutangkis Indonesia

Media asal Vietnam tersebut juga menyebutkan bahwa saat ini tunggal putra China tersebut sudah mengalami degradasi perfoma yang signifikan sehingga akan sangat sulit baginya untuk bisa meladeni pebulutangkis yang usianya jauh di bawahnya.

Kendati sudah dihujat sana-sini, Lin Dan tetap bergerak maju dengan penuh rasa percaya diri dan berharap bisa kembali mengulang kesuksesannya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis saat ia menghadapi wakil Vietnam, Tien Minh Nguyen di putaran pertama.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%