In-depth

Kento Momota, Kunci Indonesia Untuk Raih Gelar Tunggal Putra di Kejuaraan Dunia 2019

Rabu, 14 Agustus 2019 16:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Matt Roberts/Getty Images/Shi Tang/Getty Images
Kento Momota dan Jonatan Christie akan berhadapan di final Jepang Open 2019. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images/Shi Tang/Getty Images
Kento Momota dan Jonatan Christie akan berhadapan di final Jepang Open 2019.

INDOSPORT.COM - Tiga Wakil Indonesia di sektor tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 kemungkinan besar akan dihadang oleh unggulan nomer satu dunia, Kento Momota.

Indonesia berhasil mengirimkan tiga wakilnya di sektor ganda putra Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2019, Jonatan Christie, Anthony Ginting dan Tommy Sugiarto. Namun, sayangnya ketiga wakil Indonesia itu berpeluang harus saling jegal di babak-babak awal.

Sama-sama masuk ke section dua, ketiga wakil Indonesia sebenarnya mendapatkan lawan-lawan relatif mudah di putaran pertama. 

Jonatan Christie hanya berhadapan dengan Rajiv Ouseph (Inggris), Tommy Sugiarto melawan Niluka Karunaratne (Sri Lanka) dan Anthony Ginting berjumpa Georges Paul (Mauritius).

Jika bisa mengalahkan lawan-lawannya itu, pebulu tangkis yang peringkatnya jauh di bawah mereka juga masih akan menjadi batu sandungan kecil di babak kedua.

Namun, kurang menguntungkan bagi Indonesia, jika ketiganya terus melaju. Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto harus saling berhadapan di babak ketiga. Begitupun jika salah satu di antara Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto terus melaju, kemungkinan mereka akan berhadapan dengan Anthony Ginting di babak perempatfinal.

Jika melihat undian sektor tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 itu, Indonesia memang relatif aman untuk setidaknya memiliki wakil di babak perempatfinal. Meski sebaik apapun permainan wakil Indonesia, pasti hanya akan ada satu wakil nantinya di babak semifinal.

Kabar buruknya, jika di antara Jonatan Christie, Tommy Sugiarto ataupun Anthony Ginting melaju ke semifinal, lawan yang sangat berat kemungkinan akan satu di antara mereka hadapi. Yakni pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia saat ini, Kento Momota dari Jepang.

Menjadi berat, karena Kento Momota hingga saat ini memiliki keunggulan head to head yang cukup jauh, baik dengan Jonatan Christie, Tommy Sugiarto ataupun Anthony Ginting.

Superioritas Kento Momota

Melawan Jonatan Christie, Kento Momota hingga kini telah berjumpa empat kali. Dimana pebulutangkis Jepang itu mengantongi keunggulan head to head 3-1.

Kemenangan terakhir Kento Momota atas Jonatan Christie, terjadi di Japan Open 2019 (28/07/19), lewat dua set langsung 21-16 dan 21-13.

Sementara dengan Anthony Ginting, keunggulan head to head Kento Momota semakin jauh lagi, dalam kedudukan 9-3. Bahkan dalam lima pertemuan terakhir, Kento Momota selalu bisa mengalahkan Anthony Ginting, baik dalam pertandingan dua atau tiga set.

Setali tiga uang, begitupun melawan Tommy Sugiarto. Kento Momota unggul dua kemenagan dalam head to head 5-3. Lima kemenangan itu di antaranya tercipta di tiga pertemuan terakhir mereka, yang terakhir kali terjadi di World Tour Finals 2018.

Dengan kondisi demikian, peluang Indonesia untuk mengirimkan wakilnya ke final tunggal putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Dunia 2019 akan menjadi berat di atas kertas.

Meski selayaknya sebuah pertandingan, apapun masih bisa terjadi di atas lapangan nanti dan semoga hasilnya berpihak baik bagi Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%