In-depth

Kans Ganda Putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2019: Berpeluang Juara Meski Harus Saling Tikam

Jumat, 16 Agustus 2019 18:26 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi salah satu andalan ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menjadi salah satu andalan ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

INDOSPORT.COM - Mengirimkan tiga pasangan ganda putra di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Indonesia berpeluang besar juara meski harus terjadi saling tikam diantara wakilnya.

Indonesia akan diwakili tiga pasangan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, yang semuanya masuk dalam daftar 16 pemain unggulan.

Posisi unggulan tersebut membuat wakil-wakil Indonesia dipastikan bisa memulai perjuangannya di kejuaraan Bulutangkis Dunia 2019 sektor ganda putra, langsung dari ronde kedua.

Menunggu hasil ronde pertama, kemungkinan di ronde kedua itu tak akan ada kesulitan berati buat wakil-wakil Tanah Air untuk melaju ke ronde ketiga.

Begitupun di ronde ketiga.  Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang berpeluang berhadapan dengan unggulan ke-11 asal Chinese Taipe, Lee Yang/Wang Chi-lin, masih cukup tangguh dengan keunggulan head to head 2-0.

Fajar Alfian/Rian Ardianto pun demikian, jika berhadapan dengan unggulan ke-14 Goh V. Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia), keduannya masih layak diunggulkan bermodal hasil head to head 2-0.

Sial bagi Indonesia, karena jika Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Rian Ardianto mampu mengalahkan lawan-lawannya di ronde ketiga, mereka harus saling berhadapan di babak perempatfinal.

Dan di posisi tersebut, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon  dengan segala kualitas, pengalaman dan keunggulan head to head, kemungkinan besar bisa melewati Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Berada sendiri bagan di section dua, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan relatif aman dan bisa diunggulkan untuk bisa melaju mulus hingga ke semifinal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Skenarionya, jika Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bisa mengalahkan J Magee/P Reynold atau J Mass/T Tabeling di ronde kedua, mereka kemungkinan akan bersua unggulan ke-15 dari India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Yang juga rasanya tak akan kesulitan untuk mereka lalui untuk maju ke perempatfinal.

Di perempatfinal, berpotensi berjumpa unggulan ke-8 dari Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan masih pantas untuk diunggulkan.

Karena dalam lima pertemuan kedua pasangan tersebut, tak sekalipun wakil Denmark bisa menang dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Saling Tikam di Semifinal

Dengan skenario Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bisa melaju ke semifinal. Sayangnya peluang untuk adanya all Indonesian final mustahil tercipta di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Karena jika terus melaju, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan  harus saling tikam di semifinal.

Jika itu terjadi, maka peluang Kevin Sanjaya/Marcus Gideon untuk menang dan masuk ke final akan lebih besar. Selayaknya mereka mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam tujuh pertemuan terakhir secara beruntun.
Dengan kondisi demikian, maka harapan Indonesia untuk meraih gelar juara di sektor ganda putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 ada di pundak  Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Harapan itupun besar kemungkinan akan bisa diwijudkan  Kevin Sanjaya/Marcus Gideon siapapun lawnanya nanti di partai final. Apakah Li Junhui/Liu Yuchen atau Takeshi Kamura / Keigo Sonoda.