Hendra Setiawan Sempat 'Mengalah' dari Pasangan Jepang Sebelum Jadi Juara Dunia 2019

Rabu, 28 Agustus 2019 01:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Penyambutan peraih medali emas dan perunggu Kejuaraan Dunia 2019 di Bandara Internasional Soetta, Selasa (27/08/2019). Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Penyambutan peraih medali emas dan perunggu Kejuaraan Dunia 2019 di Bandara Internasional Soetta, Selasa (27/08/2019). Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Indonesia, Hendra Setiawan baru saja membeberkan fakta menarik sebelum menjadi juara dunia 2019 bersama pasangannya Mohammad Ahsan di nomor ganda putra.

Rupanya, di babak final saat melawan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, wakil Indonesia ini menyatakan sengaja mengalah di set kedua.

Pada final kejuaraan dunia, Hendra/Ahsan memang menyelesaikan pertandingan lewat rubber game dengan skor akhir 25-23, 9-21, 21-15.

Menurut Hendra, mereka sengaja mengalah di set kedua guna mengumpulkan tenaga, setelah melewati set pertama yang sangat sengit.

"Kita sebenarnya juga maunya menang cepat. Tapi musuhnya kuat dan kita putuskan untuk lepas (mengalah) pada set kedua dan fokus pada set ketiga," ucap Hendra dalam konferensi pers setibanya di Tanah Air, Selasa (27/08/19).

"Main ganda itu harus saling ngomong karena paling kunci itu adalah komunikasi," lanjutnya menyoal kunci sukses mengalahkan wakil Jepang.

Sementara itu, Mohammad Ahsan mengatakan sangat bersyukur bisa kembali meraih gelar juara meski usianya tak lagi muda.

Ia mengaku, keinginan kuat untuk mengharumkan nama bangsa dan semangat pantang menyerah jadi salah satu kunci sukses mereka di kejuaraan dunia tahun ini.

"Alhamdulillah juara lagi tahun ini, di final semua tentu ingin juara dan itu berbeda apalagi lawan kuat. Tapi kami fight dan momennya pas dengan bulan kemerdekaan," urainya.