Apa Kabar Deretan Mantan yang Pernah Dampingi Marcus Gideon?

Kamis, 29 Agustus 2019 21:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zhe Ji/Getty Images
Gabriela Stoeva di ajang HSBC BWF World Tour Finals 2018. Copyright: © Zhe Ji/Getty Images
Gabriela Stoeva di ajang HSBC BWF World Tour Finals 2018.

INDOSPORT. COM - Jauh sebelum begitu hebat bersama Kevin Sanjaya, karier Marcus Gideon pernah ditemani oleh sejumlah pebulutangkis yang menjadi pasangannya.

Ya, Marcus Gideon perlahan tapi pasti mampu menapaki karier gemilang di jagat bulutangkis dunia. Sejak berpasangan dengan Kevin Sanjaya, nama Marcus Gideon mulai disegani sebagai pebulutangkis elite berkualitas top.

Jika tak percaya, lihat saja capaian Marcus Gideon/Kevin Sanjaya pada tahun 2017 lalu. Keduanya mampu memenangkan tujuh gelar Super Series dalam setahun, yang mana itu menjadi rekor terbanyak dunia di nomor ganda putra.

Hingga kini pun kegemilangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya tak juga luntur. Marcus/Kevin masih berstatus ganda putra peringkat satu dunia di rangking BWF.

Namun, jauh sebelum tenar dengan sebutan 'The Minions' bersama Kevin, dahulu Marcus ternyata pernah berpasangan dengan sejumlah pebulutangkis lain. Siapa saja dan apa kabarnya para mantan pasangan Marcus tersebut?


Gabriela Stoeva

© Getty Images
Gabriela stoeva. Copyright: Getty ImagesGabriela stoeva.

Marcus Gideon dahulu ternyata sempat berlaga di kancah nomor ganda campuran. Ia melalui fase itu bersama pebulutangkis asal Bulgaria, Gabriela Stoeva.

Kiprah Marcus Gideon bersama Gabriela Stoeva paling terlihat di ajang Turkey International 2014. Kala itu, Marcus/Gabriela mampu melaju hingga partai final dan merebut status runner-up setelah kalah dari pasangan Jerman, Jones Rafli Jansen/Cisita Joity Jansen.

Gabriela Stoeva yang kini berusia 25 tahun, masih aktif di jagat bulutangkis dunia. Ia terakhir berpasangan dengan rekan senegaranya, Stefani Stoeva dan berlaga di ajang Kejuaraan Dunia BWF Basel, Swiss.

Uniknya, dalam laga terakhirnya, Gabriela Stoeva harus menyerah dari pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Gabriela/Stefani menyerah dari Greysia/Apriyani dalam laga dua set 19-21, 16-21.


Markis Kido

© www.badmintonindonesia.org
Caption Copyright: www.badmintonindonesia.orgMarkis Kido

Karier Marcus Gideon di nomor ganda putra pernah dihiasi bersama legenda bulutangkis Indonesia, Markis Kido. Keduanya sempat meraih kejayaan di beberapa ajang bulutangkis internasional.

French Open 2013 lalu misalnya, Marcus Gideon/Markis Kido berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan wakil Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Marcus Gideon/Markis Kido juga pernah berjaya di ajang Indonesia Masters 2014 dengan menundukan rekan senegaranya, Selvanus Geh/Kevin Sanjaya di partai final.

Markis Kido sendiri kini sudah tak aktif sebagai pebulutangkis lagi. Ia sudah pensiun dan mulai alif profesi sebagai pelatih di Jaya Raya.


Agripina Prima Rahmanto Putra

© badmintonindonesia.org
Agripina Prima Rahmanto Pamungkas. Copyright: badmintonindonesia.orgAgripina Prima Rahmanto Pamungkas.

Perjalanan karier Marcus Gideon di nomor ganda putra pernah pula dihiasi oleh nama Agripina Prima Rahmanto Putra. Kiprah keduanya pun pernah meraih kejayaan sekitar tahun 2011 sampai 2012 lalu.

Ajang Singapore International 2011, Marcus Gideon/Agripina Prima Rahmanto Putra berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan pasangan Indonesia lainnya, Lukhi Apri/Kevin Sanjaya di partai final. Gelar juara kembali bisa diraih Marcus Gideon/Agripina Prima Rahmanto Putra pada tahun 2012, tepatnya di ajang Iran Fajr International.

Sosok Agripina Prima Rahmanto Putra sendiri kini masih aktif menghiasi kancah bulutangkis dunia. Terakhir, ia berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho di nomor ganda putra dan bertarung pada ajang Vietnam Open 2019.