Apa Kabar Deretan Mantan yang Pernah Jadi Partner Kevin Sanjaya?

Jumat, 30 Agustus 2019 18:44 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya saat masih berpasangan dengan Selvanus Geh di sektor ganda putra. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kevin Sanjaya saat masih berpasangan dengan Selvanus Geh di sektor ganda putra.

INDOSPORT.COM - Sebelum meraih berbagai kesuksesan bersama Marcus Gideon, Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan sejumlah pebulutangkis di sepanjang kariernya.

Namun siapa sangka dari seluruh pebulutangkis yang pernah dipasangkan dengannya, ia rupa-rupanya berhasil meraih kesuksesan bersama Marcus Gideon, dimana mereka saat ini menjadi ganda putra nomor 1 dunia dan termasuk yang paling disegani oleh lawan-lawannya.

Meskipun sempat mengalami banyak permasalahan di awal-awal saat mereka dipasangkan, Kevin Sanjaya kini telah meraih 25 gelar bersama dengan Marcus. Tahun 2017, mereka sukses memenangkan tujuh gelar Super Series.

Tak hanya itu, saat ini mereka sudah bertahan selama lebih dari 100 minggu di puncak teratas ganda putra nomor 1 dunia walaupun kembali gagal merengkuh gelar juara dunia di tahun 2019.

Tetapi, sebelum terlahir sebagai pasangan 'The Minions' bersama Marcus Gideon, Kevin ternyata pernah berpasangan dengan sejumlah pebulutangkis lain. Lantas siapa saja dan apa kabar para mantan pasangan Kevin tersebut?

Alfian Eko Prasetya

© PBSI
Alfian Eko Prasetya saat mendapatkan perawatan dari tim medis. Copyright: PBSIAlfian Eko Prasetya saat mendapatkan perawatan dari tim medis.

Alfian Eko Prasetyo menjadi pasangan pertama Kevin Sanjaya di Pelatnas Cipayung. Bersama dengan Alfian, Kevin Sanjaya berhasil mencetak prestasi dengan memenangkan medali perunggu di Badminton Asia Junior Championships 2012.

Di Kejuaraan Asia Junior 2012 yang diselenggarakan di Korea Selatan tersebut, Kevin/Alfin kalah atas pasangan Chinese Taipei, Wang Chi-lin/Wu Hsiao-lin dalam pertandingan staright games dengan skor akhir 20-22, 13-21.

Alfian Eko Prasetya yang kini berusia 25 tahun memilih bermain di sektor ganda campuran. Ia pernah berpasangan dengan Annisa Saufika dan mencapai ranking tertinggi BWF di ranking 18.

Sekarang, ia berganti pasangan dan berpasangan dengan Marsheilla Gischa Islami dan saat ini menempati ranking 29 dunia BWF.

Masita Mahmudin

©
Caption Copyright: Kevin Sanjaya berpasangan dengan Masita Mahmudin

Tak hanya di ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga sempat bermain di sektor ganda campuran bersama dengan Masita Mahmudin pada tahun 2013. Diduetkan dengan Masita, Kevin sukse meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Meskipun kalah di partai final atas pasangan China, Huang Kaixiang/Chen Qingchen dalam pertandingan rubber game dengan skor 18-21, 22-20, 21-23, Kevin/Masita sukses membuat beberapa kejutan.

Salah satu kejutan yang berhasil mereka buat yaitu saat mengalahkan pasangan terbaik Chinese Taipei, Tang Chu/Ng Wing. Bersama Masita, Kevin sukses menembus ranking 500 besar dunia dan itu merupakan prestasi yang cukup bagus untuk pasangan yang baru diduetkan dan masih berusia di bawha 17 tahun.

Kabar terakhir, Masita Mahmudin kini pernah berduet dengan Adnan Maulana. Bersama Adnan ia kini menempati ranking 288 dunia, tetapi setelah tak lagi berduet dengan Adnan, Masita diketahui tak lagi begitu aktif di dunia bulutangkis.

Selvanus Geh

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKevin Sanjaya berpasangan dengan Selvanus Geh

Tahun 2014, Kevin Sanjaya kembali berganti pasangan dan kembali ke sektor ganda putra berpasangan dengan Selvanus Geh. Bersama dengan Selvanus Geh, Kevin sukses meraih gelar juara New Zealand Open 2014 dan runner-up Indonesia Masters 2014.

Namun di tahun 2015, Selvanus Geh tak lagi masuk ke dalam daftar pemain Pelatnas Cipayung lantaran menderita penyakit paru-paru yang disinyalir bisa menular. Kabar terkini dari Selvanus, sekarang menetap di Kalimantan dan baru-baru ini di tahun 2018, ia sempat bertemu dengan Markis Kido.

Wahyu Nayaka

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWahyu Nayaka berpasangan dengan Ade Yusuf

Tahun 2016, Kevin Sanjaya sempat berpasangan dengan Wahyu Nayaka dan sukses meraih gelar Indonesia Masters setelah mengalahkan pasangan potensial China, Han Chengkai/Zhou Haodong di partai final dengan skor 21016, 21-18.

Itu mungkin menjadi pertandingan terakhirnya dengan Kevin Sanjaya dan saat ini Wahyu diketahui dipasangkan dengan Ade Yusuf Santoso dan telah berhasil meraih berbagai gelar seperti Thailand Open hingga Macau Open dan menempati ranking 27 dunia BWF.