Inilah Deretan Pebulutangkis Berdarah Indonesia yang Bersinar di Negeri Orang

Sabtu, 31 Agustus 2019 20:08 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Isman Fadil
© insidethegames.biz
Pebulutangkis Hong Kong Vincent Wong Wing Ki keturunan Indonesia. Copyright: © insidethegames.biz
Pebulutangkis Hong Kong Vincent Wong Wing Ki keturunan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Indonesia sudah sejak dahulu dikenal sebagai negara yang memiliki kekuatan lebih dalam cabang olahraga bulutangkis.

Sebut saja mulai dari Rudy Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Susy Susanti, Taufik Hidayat, dan masih banyak lagi. Bahkan hingga yang terbaru saat ini adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Selain, nama-nama di atas, ada juga nama pebulutangkis yang memiliki darah Indonesia pun juga sukses menorehkan prestasi di negaranya.

Lantas, siapa saja pemain-pemain yang dimaksud? Berikut INDOSPORT.com merangkum 4 pebulutangkis berdarah Indonesia yang bersinar di negara kelahirannya:

Alyssa Tirtosentono

Alyssa Tirtosentono menjadi salah satu pebulutangkis yang sempat ramai menjadi perbincangan publik tanah air karena darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya.

Ia ternyata memiliki kakek dan nenek yang merupakan orang jawa. Bersama dengan Belanda, ia sempat mencuri perhatian dengan menyumbangkan dua angka penting di turnamen BWF World Junior Championships 2017 silam.

Belum lama ini, ia bersama dengan tim Belanda sukses menorehkan sebuah prestasi dimana ia memposting foto kemenangan timnya tersebut di akun sosial pribadi miliknya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Alyssa Tirtosentono (@alyssa_tirto) on

Ng Ka Long Angus

Siapa yang menyangka kalau tunggal putra Hong Kong ini ternyata memiliki garis keturunan Indonesia? Ya, pebulutangkis peringkat 11 dunia tersebut ternyata memiliki nenek yang merupakan warga Indonesia etnis Tionghoa.

Meskipun kurang tahu kalau neneknya lahir di mana, namun runner-up Thailand Open 2019 ini mengakui kalau dirinya memiliki banyak saudara yang menetap di Surabaya.

Vincent Wong Wing Ki

Sama seperti Ng Ka Long Angus, Vincent Wong Wing Ki ternyata juga merupakan pebulutangkis Hong Kong yang memiliki darah keturunan Indonesia. Ya, kedua orang tuanya ternyata merupakan warga etnis Tionghoa yang berasal dari Jawa.

Ia juga mengaku kalau ayahnya berasal dari Sumedang, sedangkan ibunya merupakan orang Surabaya, Jawa Timur. Pebulutangkis berpostur tinggi 180 cm tersebut juga selalu menyebut Indonesia sebagai rumah keduanya. Bersama keluarganya juga sering kali mengunjungi kampung halaman sang ayah yang ada di Sumedang.

Setyana Mapasa

Setyana Mapasa sejatinya sempat masuk pelatnas PBSI saat masih junior, tetapi ia sempat mengalami cedera dan dipaksa pensiun dini. Tak mau menyerah, ia pergi ke Australia dan akhirnya dinaturalisasi menjadi warga Australia.

Setyana sendiri lahir di Manado, Sulawesi Utara dan saat ini sudah menjadi warga negara Australia sejak empat atau lima tahun yang lalu. Dirinya saat ini bermain di sektor ganda putri bersama Gronya Somerville.