AS Terbuka: Andreescu Raih Tiket Semifinal Grand Slam untuk Pertama Kalinya

Kamis, 5 September 2019 11:42 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Petenis Kanada, Bianca Andreescu pada pertandingan perempatfinal tunggal Putri Turnamen Tenis AS Terbuka 2019, Rabu (04/09/2019). Copyright: © Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Petenis Kanada, Bianca Andreescu pada pertandingan perempatfinal tunggal Putri Turnamen Tenis AS Terbuka 2019, Rabu (04/09/2019).

INDOSPORT.COM - Petenis asal Kanada, Bianca Andreescu, membuat terobosan di AS Terbuka 2019 dengan menjadi remaja pertama yang melaju ke semifinal dalam satu dekade, setelah menumbangkan petenis Belgia, Elise Mertens pada Rabu malam waktu setempat.

Setahun yang lalu Andreescu berada di peringkat ke-208 di dunia setelah kalah pada putaran pertama dalam babak kualifikasi AS Terbuka. Sekarang dia adalah remaja pertama yang mencapai empat besar di Flushing Meadows, sejak Caroline Wozniacki pada 2009.

Dikutip dari The Guardian, petenis unggulan 15 itu bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-6, 6-2, 6-3 atas Mertens yang akan membawanya bertemu dengan Belinda Bencic untuk memperebutkan tiket masuk ke final AS Terbuka 2019.

“Ini benar-benar gila. Setahun yang lalu saya berada di babak kualifikasi (AS Terbuka). Saya ingat saya mengalami cedera punggung. Sekarang apa yang saya capai tahun ini, membuat saya tak bisa berkata-kata," terangnya.

"Saya butuh seseorang untuk mencubit saya sekarang. Apakah ini kehidupan nyata?”

Andreescu yang berhasil merebut gelar Indian Wells dan Rogers Cup tahun ini, menganggap pertandingannya dengan Bencic akan berjalan profesional, baik di dalam atau di luar lapangan.

"Saya pikir kami cukup profesional untuk menjadi teman di luar lapangan tetapi melakukan pekerjaan kami di lapangan dan tetap fokus," kata Andreescu tentang pertandingan yang akan datang.

"Saya yakin di luar lapangan, kita masih berteman. Saya sangat suka tantangannya. Beberapa pemain mungkin takut dengan pertandingan besar tetapi bagi saya itu lebih merupakan motivasi. Saya sangat menikmati (permainan) tenis saya,” tutupnya.

Selain menjadi remaja pertama yang melaju ke semifinal, Andreescu memilki peluang menjadi remaja pertama yang meraih gelar Grand Slam sejak Maria Sharapova pada AS Terbuka 2006. 

Penulis: Karina Kusuma Wijaya