Liliyana Natsir Beberkan Suka Duka Berpasangan dengan Tontowi dan Nova Widianto

Minggu, 8 September 2019 12:20 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir, beberkan perbedaan berpasangan dengan Tontowi Ahmad dan Nova Widianto. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Legenda bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir, beberkan perbedaan berpasangan dengan Tontowi Ahmad dan Nova Widianto.

INDOSPORT.COM - Liliyana Natsir merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang paling dikenal di sektor ganda campuran. Meskipun sempat bermain di ganda putri, namun Liliyana nyatanya lebih berprestasi di sektor ganda campuran.

Bermain di sektor ganda campuran, Liliyana diketahui berhasil meraih kesuksesan bersama dengan dua nama pebulu tangkis, yakni Tontowi Ahmad dan Nova Widianto.

Bersama dengan kedua pemain tersebut, Liliyana berhasil meraih banyak kesuksesan, mulai dari meraih gelar super series bergengsi hingga akhirnya meraih medali di turnamen sekelas Olimpiade.

Tahun 2019 adalah tahun perpisahan Liliyana dengan Tontowi Ahmad. Setelah berpasangan selama 9 tahun, ia akhirnya memilih untuk mundur dari dunia tepok bulu alias gantung raket.

Kendati demikian, Liliyana tetap menyebutkan bahwa dirinya dengan Tontowi tetap menjaga hubungan baik di luar lapangan dan masih kerap kali bertemu meskipun Tontowi padat turnamen.

"Kami masih berteman dan masih bertemu di luar lapangan. Kadang-kadang dia suka berbagi cerita dengan saya. Tontowi dan saya selalu saling mendukung, terutama dengan Tontowi yang masih menjadi pemain bulu tangkis," ujar Liliyana dikutip dari media olympic.org.

Tetapi, jauh sebelum berduet dengan Tontowi, Liliyana pernah berduet dengan Nova Widianto. Menurut mantan pebulu tangkis tersebut, duetnya dengan Nova telah memberikan banyak pelajaran dan sangat membantunya pada saat dirinya dipasangkan dengan Tontowi Ahmad.

"Kemitraan saya dengan Nova sangat bagus. Dia lebih tua dari saya, jadi dia membimbing dan membantu saya bermain di ganda campuran pada awalnya,"

"Jadi Nova adalah salah satu orang terpenting dalam karier saya. Dia berkontribusi banyak sehingga saya bisa memenangkan turnamen besar, Kejuaraan Dunia dan bahkan Olimpiade," lanjutnya.

Liliyana Natsir pun juga mengenang bahwa momen Olimpiade Beijing 2018 menjadi salah satu momen membahagiakan dan menyedihkan untuknya.