In-depth

Menerka Ganda Putra Indonesia yang Bakal Ikut SEA Games 2019

Selasa, 10 September 2019 20:29 WIB
Editor: Coro Mountana
© PBSI
Wahyu Nayaka/Ade Yusuf. Copyright: © PBSI
Wahyu Nayaka/Ade Yusuf.

INDOSPORT.COM – Jelang SEA Games 2019 di Filipina, siapa atlet bulutangkis yang bakal memperkuat sektor ganda putra Indonesia?

Tak terasa SEA Games 2019 Filipina sebentar lagi akan segera dimulai pada 30 November hingga 11 Desember mendatang. Sejumlah cabang olahraga pun kini sedang serius mempersiapkan diri jelang SEA Games 2019 nanti.

Tak terkecuali cabang bulutangkis tepatnya nomor ganda putra yang selama ini menjadi ‘tempat basah’ bagi Indonesia. Maksudnya, sektor ganda putra kerap mendulang medali emas bagi kontingen Indonesia.

Untuk ajang SEA Games 2019 nanti, siapa saja pebulutangkis yang bakal mewakili ganda putra Indonesia? Perlu diketahui kalau SEA Games biasanya diikuti untuk atlet bulutangkis yang usianya masih di tingkat junior.

Sehingga tak jarang bila atlet bulutangkis andalan Indonesia biasanya akan dikirim ke ajang yang lebih bergengsi dibanding SEA Games. Setelah melihat kalendar BWF, tampak ajang bergengsi hanyalah Syed Modi International Badminton Championships 2019.

Turnamen bulutangkis bergengsi dengan level super 300 itu setingkat dengan Korea Masters 2019 dan Chinese Taipei 2019. Meski hanya level super 300, ajang Syed Modi International Badminton Championships 2019 diyakini akan diikuti oleh atlet andalan.

Ganda putra unggulan Indonesia seperti Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian diprediksi bakal diturunkan untuk ajang Syed Modi International Badminton Championships 2019.

Ketiga pasangan ganda putra itu sudah berusia senior sehingga besar kemungkinan akan diturunkan di ajang Syed Modi International Badminton Championships 2019. Jika benar demikain, lantas siapa ganda putra yang dapat diturunkan untuk SEA Games 2019?

Sejatinya Indonesia masih memiliki pasangan ganda putra yang cukup mumpuni untuk turun di ajang SEA Games 2019. Setidaknya ada dua pasangan ganda putra Indonesia yang bisa menjadi andalan untuk ajang SEA Games 2019.

Pertama ada Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang saat ini menjadi ganda putra terbaik keempat Indonesia dalam ranking BWF. Saat ini Wahyu Nayaka/Ade Yusuf berada di peringkat ke-28 dalam ranking BWF dunia.

Wahyu Nayaka/Ade Yusuf sebenarnya bukanlah ganda putra yang dapat dianggap remeh di mana mereka tercatat pernah menjuarai Thailand Open 2015 dan Dutch Open 2013. Lalu yang kedua Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Meski baru berperingkat 75 dunia, Rolly Carnando/Daniel Marthin merupakan seorang juara Badminton Asia Junior Championships 2019. Mungkin di level SEA Games, Rolly Carnando/Daniel Marthin masih belum berpengalaman.

Akan tetapi tidak ada salahnya PBSI selaku induk bulutangkis Indonesia memberikan tempat bagi Rolly Carnando/Daniel Marthin sebagai bentuk regenerasi.

Dengan demikian Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf dapat menjadi wakil Indonesia untuk sektor ganda putra di SEA Games 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%