Ikuti Serena Williams, Kim Clijsters Comeback Setelah Jadi Ibu

Jumat, 13 September 2019 17:05 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dan Istitene/Getty Images
Kim Clijsters telah mengumumkan akan kembali berlaga dalam ajang tenis. Copyright: © Dan Istitene/Getty Images
Kim Clijsters telah mengumumkan akan kembali berlaga dalam ajang tenis.

INDOSPORT.COM – Mantan petenis putri nomor satu dunia, Kim Clijsters, telah mengumumkan akan kembali berlaga dalam ajang tenis dunia di usianya yang sekarang menginjak kepala tiga.

Sebuah comeback yang dilakukan Kim tersebut akan menjadi yang kedua, karena sebelumnya ia juga pernah melakukannya pada tahun 2009 setelah dua tahun pensiun di tahun 2007 silam.

Sebagai informasi, mantan petenis berkebangsaan Belgia ini memulai karier profesionalnya pada tahun 1997. Lalu pada tahun 2007 ia memutuskan untuk gantung raket. Iakemudian kembali bermain tahun 2009 setelah melahirkan anak pertamanya dan kembali menggantungkan raket pada tahun 2012. 

Seperti dilansir melalui The Guardian, setelah aksi gantung raket pada 2012, Kim kembali memiliki dua anak sehingga total anak yang ia miliki menjadi tiga. Ia mengungkapkan bahwa kembalinya ia ke dalam lapangan berkat inspirasi para ibu yang berhasil dalam tur, seperti Serena Williams.

“Pada usia 36 tahun saya merasa seperti saya terlalu muda untuk pensiun. Dan dengan begitu banyak atlet dan ibu inspirasional yang bersaing, saya tidak sabar untuk kembali ke lapangan pertandingan dan melihat apa yang mungkin terjadi setelah memiliki tiga anak,” ujar Kim Clijsters.

Kim sendiri telah melakukan berbagai persiapan demi kembalinya ia pada musim 2020 mendatang.  Ia pun telah berlatih sejak awal tahun ini dan sempat menjalani pertandingan uji coba lapangan di Wimbledon pada bulan Mei.

Namun hal tersebut tidaklah cukup, ia menuturkan bahwa ia butuh persiapan lebih sehingga akan memanfaatkan waktu yang tersisa untuk mematangkan persiapan.

“Sementara ada banyak pekerjaan di depan saya dalam empat bulan ke depan, motivasi terbesar saya adalah tantangan pribadi yang terlibat - baik secara fisik dan mental, saya ingin menguji diri saya lagi," pungkas Kim.

Menanggapi pengumuman itu, CEO WTA Steve Simon menyambut baik keputusan tersebut.

“Kim Clijsters berada di peringkat teratas di antara permainan hebat dan kembalinya ke Tur adalah berita menarik bagi keluarga WTA dan penggemar tenis di seluruh dunia.”

“Didorong oleh kecintaannya pada olahraga, juara yang luar biasa ini terus menginspirasi wanita dan pria di semua bidang kehidupan. Dia akan menambah kekayaan bakat yang menarik di tenis wanita. Saya berharap Kim mendapatkan yang terbaik di bab selanjutnya dalam karier bermainnya," ujar Steve Simon.

Penulis: Ergian Pinandita