Ini Jagoan Alvent Yulianto untuk Raih Emas Olimpiade 2020

Kamis, 19 September 2019 16:34 WIB
Penulis: Arif Yahya | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Athit Perawongmetha For SSC/Getty Images
Mantan pemain ganda putra Indonesia bulutangkis, Alvent Yulianto Chandra. Copyright: © Athit Perawongmetha For SSC/Getty Images
Mantan pemain ganda putra Indonesia bulutangkis, Alvent Yulianto Chandra.

INDOSPORT.COM - Ajang Olimpiade Tokyo 2020 tinggal beberapa bulan lagi. Cabang olahraga bulutangkis menjadi salah satu andalan untuk meraih medali emas di turnamen empat tahunan tersebut.

Salah satu sektor andalan yang berpeluang untuk mempersembahkan medali emas tentu saja dari nomor ganda putra. Saat ini Indonesia memiliki tiga ganda terkuat, mereka adalah; Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, serta Fajar Alfian/M. Rian Ardianto.

Meski memiliki tiga ganda yang sama baiknya, regulasi Olimpiade hanya memperbolehkan dua wakil dari tiap nomor yang didaftarkan. Jika melihat update ranking Kualifikasi Olimpiade 2020, pasangan senior Ahsan/Hendra menjadi yang terdepan sedangkan satu tempat lagi diisi oleh pasangan Kevin/Marcus yang bercokol di peringkat ke-5.

Senada dengan hal tersebut, mantan pemain terbaik ganda putra Indonesia, Alvent Yulianto Chandra ternyata juga menjagokan Daddies dan Minions yang merupakan saudaranya sendiri untuk berpeluang menggondol medali emas di nomor ganda putra.

Sebagai informasi tambahan, Alvent merupakan paman dari Kevin Sanjaya dan juga kakak sepupu dari Sansan (istri dari Hendra Setiawan).

Menurutnya kedua pasangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Sama-sama bagus, sama-sama punya keunggulan. Kalau si Kevin masih muda, tenaga masih kuat tentunya tapi itu dia masih naik turun performanya. Kalau si Hendra tenaga mungkin enggak sekuat dulu tapi dia punya pengalaman di mental bertanding."

"Ya, saya dukung Hendra dan Kevin, sebab keduanya masih saudara saya. Saya berpesan sama anak-anak, main lepas saja, jangan terlalu terbebani dengan ekspektasi yang terlalu tinggi. Di atas kertas mereka pasti bisa," tutupnya.

Semasa menjadi pemain, Alvent Yulianto sukses menorehkan banyak gelar bergengsi di antaranya meraih empat superseries di tahun 2004 yakni; Singapore Open, Indonesia Open, Korea Open, dan Thailand Open.