Langganan Cedera, Pelatih Carlos Moya Puas dengan Capaian Rafael Nadal

Jumat, 20 September 2019 18:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Al Bello/Getty Images
Aksi Rafael Nadal di final AS Terbuka 2019 yang berlangsung di Stadion Arthur Ashe, Senin (09/09/19). Copyright: © Al Bello/Getty Images
Aksi Rafael Nadal di final AS Terbuka 2019 yang berlangsung di Stadion Arthur Ashe, Senin (09/09/19).

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis nomor satu dunia, Rafael Nadal memiliki perkembangan luar biasa paska cedera lutut yang didapatnya bulan Maret lalu, dan cedera bahu kanan di bulan Agustus kemarin.

Meski baru comeback dari cedera, namun petenis 33 tahun itu semakin tak terbendung saat bermain di sejumlah turnamen, dan menjuarai dua turnamen mayor, yakni French Open 2019 dan US Open 2019.

Hal tersebut disampaikan pelatih Carlos Moya dalam konferensi pers jelang Senior Masters Cup 2019 di Mallorca, Spanyol. Ia pun tak ragu menurunkan Nadal di beberapa turnamen lainnya sebagai persiapan diri untuk melaju ke tur dunia ATP Finals 2019.

“Meski ia (Nadal) melewati saat-saat yang sulit, tapi ia selalu mampu mengatasi dirinya sendiri. Mungkin orang-orang yang tidak tinggal bersamanya setiap hari tidak menyadarinya,” sebut Carlos Moya seperti dilansir dari Tennis World.

“Peningkatannya luar biasa. Ia memenangkan 31 dari 32 pertandingan terakhir, dan memenangkan empat dari lima turnamen individu, termasuk dua hard dan dua Majors. Sekarang kita akan berhati-hati dalam memilih jadwal dan latihan,” tambahnya.

Menurut Carlos lagi, Rafael Nadal sendiri cukup mandiri untuk memilah dan memilih turnamen mana yang akan ia ikuti, sesuai dengan kondisi fisik dan kemampuannya saat itu.

“Kunci keberhasilan Rafa selama beberapa tahun terakhir adalah untuk Dia telah memilih turnamen dengan sangat baik dan dia tidak bermain lebih dari yang seharusnya,” pungkasnya.