Takluk di Tangan Raksasa China, Tontowi/Winny 'Angkat Koper' dari Korea Open

Selasa, 24 September 2019 14:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus tersingkir dari Korea Open 2019 usai kalah dari pasangan China, Zheng Si Siwei/Huang Yaqiong di babak pertama, Selasa (24/09/19). Copyright: © Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow harus tersingkir dari Korea Open 2019 usai kalah dari pasangan China, Zheng Si Siwei/Huang Yaqiong di babak pertama, Selasa (24/09/19).

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina gagal melaju ke babak kedua turnamen bulutangkis Korea Open 2019 usai takluk di tangan wakil China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, Selasa (24/09/19).

Bertanding di Incheon Airport Skydome, di Incheon, Korea Selatan, Selasa (24/09/19), Tontowi/Winny berhadapan dengan Zheng/Huang dan terpaksa mengakhiri laga dengan kekalahan dua set 19-21, 10-21 hanya dalam 27 menit saja.

Babak pertama diawali dengan permainan tempo cepat. Tontowi/Winny mampu tampil cukup bagus dengan membukukan poin demi poin keunggulan atas lawannya yang jadi unggulan pertama di ajang Korea Open.

Zheng/Huang tak ingin bermain kendor. Mereka kerap melayangkan pukulan smash untuk mengejar poin demi menyamakan kedudukan. Hingga akhirnya Zheng/Huang mencapai interval pertama dengan keunggulan 11-9.

Menyadari lawannya cukup kuat, Tontowi/Winny, yang kini berperingkat ke-15 BWF itu, juga bermain sama-sama menekan. Sempat tertinggal satu atau dua poin, mereka tetap mampu mengejar dan membalikkan keadaan.

Reli-reli cepat pun tercipta diantara keduanya. Tontowi/Winny  beberapa kali memanfaaatkan peluang dari kesalahan Zheng/Huang. Mereka tetap menjaga keunggulan hingga poin 17-15.

Sayangnya, Zheng/Huang mampu mengejar lewat pukulan-pukulan smash hingga kedudukan berbalik jadi 19-17. Zheng/Huang mengakhiri set pertama dengan kemenangan 21-19.

Perlawanan Tontowi/Winny semakin ketat di set kedua. Namun, Zheng/Huang juga bermain sama-sama menekan. Kedua pasangan saling salip-menyalip dalam perolehan skor hingga titik 5-5.

Sayang sekali, pertahanan Tontowi/Winny justru mengendur dan membuat Zheng/Huang mampu memperlebak jarak. Mereka mengahiri interval kedua dengan skor 11-5 untuk Zheng/Huang.

Setelah turun minum, permainan Tontowi/Winny masih sama. Beberapa kali smash keras Zheng tak mampu dibalas oleh Tontowi/Winny. Sekalipun membalas, shuttlecock hanya menyangkut di net dan itu berbuah poin untuk lawan mereka.

Tidak bermain sebaik di set pertama, Tontowi/Winny akhirnya harus mengakui kehebatan penyapu gelar juara Super 1000 BWF musim ini. Mereka pun kalah di set kedua dengan skor 21-11.

Dengan hasil ini, Tontowi/Winny dipastikan langsung tersingkir dari Korea Open 2019. Sedangkan, Zheng/Huang berhak atas tiket di babak kedua, di mana mereka akan dipertemukan dengan pemenang antara Thom Gicquel/Delphine Delrue vs Chris Adcock/Gabrielle Adcock.